Home / Apotik Hidup / Anyang-Anyangan? Lakukan Hal Ini Untuk Mengatasinya
Anyang anyangan? Lakukan Hal Ini Untuk Mengatasinya
Anyang anyangan? Lakukan Hal Ini Untuk Mengatasinya

Anyang-Anyangan? Lakukan Hal Ini Untuk Mengatasinya

Pernah gak sih guys mengalami hal ini…yaitu anyang anyangan, rasanya kebelet pipis eh.. giliran udah dikamar mandi yang keluar cuma sedikit,and gak enak banget rasanya dan itu terjadi berulang kali, capek banget kan? Nah biasanya jaman kita masih kecil dulu yang kita lakukan adalah mengikat salah satu jempol kaki kita dengan karet  lalu sekitar 15 menit kemudian maka anyang anyangan berangsur menghilang. So hubungannya jempol di iket sama anyang anyangan sebenernya apa sih? lalu anyang anyangan itu sebenarnya apa? Kok bisa kita kena anyang anyangan? Biar gak penasaraan … simak penjelasan di bawah ini yaa.

Penyebab Anyang-anyangan

Gejala anyang anyangan timbul dikarenakan beberapa faktor guys… antara lain :

  • Karena ada bakteri pada saluran kemih ( kurangnya menjaga kebersihan pada daerah kemaluan menyebabkan bakteri E.coli masuk pada area saluran kemih, bakteri ini juga ada pada daerah anus, khusus buat para wanita  yang mana jarak kemaluan dari anus sangatlah pendek sehingga tidak menutup kemungkinan bakteri yang masuk berasal dari anus)
  • Kurangnya asupan air putih yang masuk kedalam tubuh ( hal ini akan  terjadi saat kita kurang minum air putih lalu dalam waktu yang bersamaan kita melakukan aktifitas berat yang menguras produksi keringat sehingga dehidrasi juga menyebakan terjadinya anyang anyangan.

Cara Mengatasi Anyang – anyangan

  • Mengikat Jempol Kaki

Mengikat jempol kaki disini hubunganya erat banget sama teori refleksiology guys…yang mana titik syaraf batu ginjal ada di jempol kaki, pada saat anyang anyangan terjadi bila mengikat daerah jempol.. maka anyang anyangan akan segera hilang… and jangan lupa ya..tetap memperbanyak konsumsi air putih, agar kerja ginjal tidak berat.

  • Jeruk Nipis

Buah yang satu ini juga terbilang manjur untuk menghilangkan anyang anyangan, caranya  peras jeruk nipis campurkan dengan segelas air hangat, tambahkan madu untuk menambah rasa. Minum ramuan ini saat terjadi gejala  anyang anyangan.

  • Daun Kumis Kucing

Daun ini juga bisa menghilangkan anyang anyangan guys.. caranya ambil beberapa lembar daun kumis kucing lalu keringkan, setelah kering seduh dengan air panas. Berhubung rasanya pahit untuk menyamarkan rasa pahitnya bisa gunakan madu atau gula jawa ya guys… minum ramuan ini sehari dua kali bagi penderita anyang anyangan akut ( anyang anyangan yang sudah berhari hari ).

  • Minum Air putih Yang Banyak

Dengan meminum air putih yang banyak maka ginjal akan lebih mudah dalam bekerja, sehingga metabolisme dalam tubuh kita akan lebih lancar.  Selain itu air putih  dapat membersihkan semua bakteri yang menjadi penyebab terjadinya anyang anyangan guys.

Nah dari uraian diatas dapat disimpulkan ya guys.. anyang anyang an itu terjadi bila kita tidak bisa menjaga kebersihan organ intim dengan baik, karena anyang anyangan terjadi bisa karena bakteri , bisa juga karena dehidrasi. Bila anyang anyangan dibiarkan maka tidak menutup kemungkinan akan menjadi penyakit yang lebih parah guys… dan yang paling penting adalah jangan suka menahan keinginan untuk buang air kecil  yaa, karena itu juga salah satu faktor terjadinya anyang anyangan . Semoga bermanfaat.

 

Check Also

Pisang Obat Saluran Pencernaan Dan Insomnia

Dalam Buah Pisang yang masak mengandung serotonin yang merupakan substansi kimia yang bermanfaat menekan sekresi ...

...