Home / Artikel Kesehatan / Bahayanya Penggunaan Make up Palsu Untuk Kulit Wajah
Bahayanya Penggunaan Make up Palsu Untuk Kulit Wajah
Bahayanya Penggunaan Make up Palsu Untuk Kulit Wajah

Bahayanya Penggunaan Make up Palsu Untuk Kulit Wajah

Wanita mana sih yang gak ingin menggunkan  kosmetik berkualitas…dengan brand tertentu yang pasti akan menambah percaya diri ya ladies.. bisa kaya iklan iklan di medsos gitu yaa.. mulai lipstik, eyeshadow, blush, foundation, bronzer semua maunya sih  yang brand terkenal yaas.. banyak merek ternama dari make up yang ditawarkan  untuk mempercantik wajah mulai dari merek Make Over, Urban Decay Naked, Make up Forever dll. Melihat maraknya para wanita mulai menggandrungi merek make up terkenal, banyak oknum tidak bertanggung jawab melihat peluang untuk dijadikan bisnis loh.. sehingga bisa kita lihat sekarang nih … banyak banget penjual make up secara terang terangan menjual makeup dengan brand ternama namun harga nya jauuh lebih murah banget. Sebagai contoh aja ya untuk eyeliner dari merek Makeup Forever di gerai resmi harganya bisa sampai 400rb an per biji, sedangkan yang dijual dipasaran seperti online shop murah dan counter cosmetik  hanya dibandrol dengan harga 75 rb. Ada lagi nih ladies.. yang jadi favorit cewek banget misalnya Urban Decay Naked Palette yang harga jualnya berkisar 900 rb an… sedangkan ditoko online shop murah hanya berkisar 100 rb an. Perbandingan harga yang jauh bukan? namun dapat dipastikan yang harga 100 rb an barang tersebut adalah make up palsu.

Lalu misalnya kita ngotot beli yang palsu emangnya ada resiko nya? Yang pasti ada ya ladies..terutama resiko pada kulit wajah bila itu di aplikasikan pada wajah, begitu juga dengan kulit bibir bila memakai lipstik aspal. Sebagai contoh pengaplikasian make up palsu bisa mendatangkan efek yang berbahaya. Salah satu kandungan yang perlu dihindari adalah Rhodamin B, bahan berbahaya yang sering terdapat di makeup palsu. Rhodamin B biasanya dipakai untuk pewarna tekstil, tinta, dan kertas. Bahan ini sering dipakai untuk membuat lipstik palsu. Lipstik yang kita pakai akan otomatis terserap dan ada yang tertelan. Bahan ini sangat berbahaya jika masuk ke dalam organ tubuh kita. Efeknya akan membuat bibir bengkak, kanker, juga penyakit liver. Asam retinoat juga merupakan bahan yang sangat berbahaya. Efek jangka pendeknya akan membuat kulit kita terbakar dan iritasi. Bahan ini juga sangat berbahaya bagi ibu hamil, karena akan membahayakan janin dan menyebabkan cacat permanen.

Lalu bagaimana cara memilih make up yang aman ladies?

  • Belilah makeup  di tempat  beauty e-commerce dan online shop yang terpercaya, atau counter asli dari brand tersebut. Jangan tergiur oleh harga yang murah, cari tau dahulu berapa harga resmi dari distributor barulah jadikan pembanding.
  • Pastikan produk tersebut memiliki BPOM.
  • Teliti bahan dasar makeup sebelum membeli. Pastikan tidak mempunyai bahan berbahaya yang sudah disebut di atas.

Semoga bermanfaat.

Check Also

Terapi Penyakit Kandung Kemih Dengan Madu

Sebuah penelitian dipublikasikan oleh koran Al-Ahram, tanggal 22 Oktober 1985: Salah satu penelitian untuk menguji ...

...