Home / Artikel Kesehatan / Tips Kesehatan / Cara Menurunkan Tekanan Darah Secara Alami

Cara Menurunkan Tekanan Darah Secara Alami

Apakah tekanan darah anda sudah tinggi? sudah saatnya anda untuk memulai diet nabati, turunkan berat badan anda dan minum minyak ikan. Jangan remehkan akibat dari hipertensi, jika anda sudah berumur lebih dari 40 tahun sebaiknya anda periksa tekanan darah anda secara teratur. Berikut ini adalah cara-cara sederhana yang bisa dilakukan untuk pencegahan dan pengobatan untuk hipertensi.

Ganti pola makan anda dengan makanan nabati. Konsumi sayuran yang lebih banyak daripada porsi daging ini adalah cara yang terbaik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Kurangi konsumsi garam. Terlalu banyak porsi takaran sodium dalam makanan, biasanya dengan penambahan garam ke makanan karena kurang gurih.

Usahakan hindari sirup jagung dengan fruktosa tinggi. Biasanya terdapat pada minuman kaleng.

Coklat Hitam atau makanan lain seperti Buah Delima yang mempunyai kandungan flavonoids tinggi mampu membuat pembuluh darah jadi lebih lentur. Berries yang mengandung antosianin tinggi, adalah sejenis flavonoid yang dapat membantu mengendurkan pembuluh darah.

Coba untuk tingkatnya kandungan magnesium, potassium dan kalsium. Tekanan darah tinggi berkaitan dengan sodium tinggi dan kalium rendah. Magnesium dan kalsium dapat membantu untuk mengendurkan pembuluh darah.

Minyak ikan, kandungan asam lemak omega 3 nya dapat menurunkan trigliserida, tekanan darah dan agregasi platelet. Dapat juga mengurangi peradangan dan meningkatkan intregitas vaskular.

Coenzyme Q10 dapat meningkatkan metabolisme glukosa, dapat juga menurunkan insulan dan mengurangi tekanan darah.

Optimalkan kadar vitamin D dalam tubuh anda. Karena vitamin D dapat mengatur metabolisme kalsium dan bisa jadi faktor penentu dalam mengatur tekanan darah. Tingkat kadar vitamin D dalam tubuh rendah berkaitan dengan peningkatan resiko penyakit kardiovaskular dan hipertensi.

Resveratrol dapat meningkatkan metabolisme glukosa dan melindungi pembuluh darah. Kandungan resveratrol ini terdapat pada buah anggur.

Usahakan berat badan anda stabil. Jika berat badan anda terlalu berat sangat riskan. Obesitas bisa menjadi faktor utama hipertensi.

Usahakan untuk bergerak lebih banyak. Terlalu lama duduk sangat tidak baik karena dapat mengganggu metabolisme, hal ini mempengaruhi dalam penambahan berat badan dan menimbulkan penyakit kardiovaskular. Fisik yang jarang aktif sangat beresiko tinggi terhadap penyakit hipertensi.

Olahraga yang teratur merupakan terapi dasar untuk pencegahan, pengobatan dan pengendalian penyakit hipertensi. Apabila anda mempunyai penyakit hipertensi, sebaiknya lakukan latihan harian sekitar 35 menit.

Berhentilah merokok, perokok cenderung memiliki resiko hipertensi yang besar. Satu batang rokok bisa membuat tekanan darah meningkat untuk sementara.

Jangan stres, karena stres bisa membuat tekanan darah anda menjadi tinggi. Stres dapat mengganggu keseimbangan hormon yang berkaitan dengan penanganan tekanan darah.

diet nabati sayuran

Check Also

Pahami Dosis Dan Cara Pakai Habbatussauda Agar Efek Kesembuhan Maksimal

Habbatussauda atau Jintan hitam merupakan ramuan herbal yang mudah dijumpai di India, Meksiko dan negara-negara ...

...