Home / Artikel Kesehatan / Inilah Bahaya Yang Tak Terpikirkan Saat Dijilat Anjing
Inilah Bahaya Yang Tak Terpikirkan Saat Dijilat Anjing
Inilah Bahaya Yang Tak Terpikirkan Saat Dijilat Anjing

Inilah Bahaya Yang Tak Terpikirkan Saat Dijilat Anjing

Bagi kalian yang non muslim dan  suka dengan hewan peliharaan seperti anjing.. ada baiknya mulai berhati hati ya guys,  memang bener sih anjing adalah binatang yang lucu dan setia, bahkan kalo udah deket sama si anjing.. tuan nya gak akan sungkan untuk tidur bersama anjing, bagi kebanyakan orang yang menyukai hewan peliharaan ini menganggap anjing sudah seperti keluarga, kasih sayang yang diberikan pun sama saat kita mempunyai keluarga yang sangat dekat. Bahkan, beredar mitos yang mengatakan bahwa air liur anjing lebih bersih daripada manusia. Tapi guys.. pendapat tersebut dibantah langsung oleh para pakar anjing Marty Becker. Ia mengatakan bahwa seharusnya kita menyadari bahwa hal itu tidak benar dan jilatan anjing bisa saja membawa bahaya bagi manusia. Diungkapkan lagi oleh Marty bahwa “Mereka mengais tempat sampah dengan mulutnya. Kita saling bertepuk pipi saat menyapa, kemudian dia (anjing) mendekatkan mulutnya,” ujarnya dikutip dari New York Post, Senin (31/7/2017).

Hal ini juga diamini oleh profesor virologi dan bakteriologi di Universitas Queen Mary London, Inggris, John Oxford. Menurutnya hewan ramah itu memiliki bakteri yang bisa mengganggu kesehatan manusia.Karena dalam air liur anjing mengandung bakteri yang bernama  Capnocytophaga canimorsus. Bakteri ini memiliki kekuatan untuk menyebabkan infeksi fatal bahkan mengalami sepsis, yaitu suatu keadaan di mana tubuh bereaksi hebat terhadap bakteri atau mikroorganisme lain.

Gejala awal  infeksi ini serupa dengan penyakit lain, seperti demam, menggigil, berkeringat, dan kekurangan energi. Bila anjing sering dibawa ketempat penampungan bersama hewan lain maka dapat membuat hewan peliharaan lebih rentan terhadap bakteri ini guys. Gejala yang terlihat pada anjing yang membawa bakteri ini adalah ketombe pada rambutnya, lalu rambut rontok, dan bercak gelap di kulit dan rambutnya. Jika terlihat gejala tersebut, ada baiknya segera bawa ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan. Untuk mengurangi resiko terinfeksi bakteri tersebut..hindari anjing menjilat pada area wajah  yaa guys, kalopun terlanjur dijilat segera basuh wajah dengan antiseptik. Semoga bermanfaat.

 

 

Check Also

Cara Membuat Jus Semangka Untuk Obati Asam Urat

Bagaimana cara membuat jus buah semangka (obati Asam urat) ? Imam Ibnul Qayyim menegaskan bahwasanya ...

...