Home / Artikel Kesehatan / Kenali Ciri Es Batu Dibuat Dengan Air Matang Dan Air Mentah
Kenali Ciri Es Batu Dibuat Dengan Air Matang Dan Air Mentah
Kenali Ciri Es Batu Dibuat Dengan Air Matang Dan Air Mentah

Kenali Ciri Es Batu Dibuat Dengan Air Matang Dan Air Mentah

Kalau cuaca lagi panas kaya gini guys… enaknya emang minum es ya guys, terkadang kalo lagi dijalan liat dagangan es yang dijual di jalanan bikin kita ngiler… tapi tau gak sih guys… terkadang ada penjual yang tidak bertanggung jawab menjual dagangan es nya tanpa memperhatikan kesehatan konsumenya.. misalkan jualan es kelapa muda dengan harga yang murah, atau es tebu.. nah dalam hal ini kalian harus waspada guys.. karena sudah banyak sekali kasus yang ada.. bahwa es batu yang digunakan menggunakan air mentah, sedangkan untuk membuat es batu menjadi bening digunakan lah kaporit.. nah loo serem juga kan… lalu gimana donk mengetahui agar kita gak tertipu dengan es batu yang gak sehat tersebut? untuk mengetahui cara mengidentifikasi hal tesebut simak penjelasan berikut..

  • Lihat Es Batu Dengan Cermat

Es batu yang dibuat dengan air matang akan terlihat bening sekali seperti kristal, Hal ini dikarenakan gas yang terdapat dalam air terlepas atau menguap saat proses perebusan guys. Pada saat proses pendinginan terjadi, hanya sedikit gas yang terperangkap dalam es karena kandungan udara dalam air berkurang. Tapi ada juga yang udah merebus air hanya satu kali, pengendapan kotoran dalam air masih ada jadi bukan jaminan juga harus benar benar bening kaya cristal guys, kalo dilakukan dua kali perebusan  hasilnya memang akan menjadi benar benar bening seperti cristal. Jadi perhatikan baik baik bentuk es nya ya guys.

  • Es Batu Yang Terbuat Dari Air Mentah Akan Terlihat lebih Putih Seperti Salju

Kebanyakan es batu yang terbuat dari air yang mentah dijual dalam bentuk balok, warnanya putih dan terdapat gelembung gelembung kecil didalam nya, es batu ini sangat gak baik banget buat kesehatan ya guys… karena gak jelas ngambil air nya darimana, iya kalo mata air, nah kalo diambil dari kali … eeeuuwwwww….kebayang gak? berapa macam bakteri yang ada didalam es tersebut.

Menurut hasil riset yang dilansir oleh daily mail, sebuah penyelidikan oleh The Mail on Sunday yang juga telah melakukan tes ilmiah terhadap es batu yang disajikan di restoran-restoran ternama. Hasilnya sangat mengejutkan guys… yaitu  di dalam es batu tersebut terkandung bakteri yang jauh di atas batas normal. Atau secara kasarnya, es batu ini mengandung bakteri yang sama bahkan lebih tinggi dari bakteri yang terdapat dalam air di toilet. Para ahli mengatakan bahwa hal ini terjadi karena mesin pembuat es atau tempat penyimpanannya jarang sekali dibersihkan. Hal ini diperparah dengan minimnya kesadaran untuk mencuci tangan sebelum memperlakukan es batu tersebut.

  • Dengan Mengkonsumsi Es Batu Mentah Akan Menimbullkan Masalah Kesehatan Yang Serius

Hal yang sama pernah dibahas juga oleh Halosehat.com yang mengatakan es batu yang terbuat dari air mentah lebih berisiko mengandung bakteri berbahaya seperti Escherichia Coli atau E. Coli yang menjadi penyebab beberapa gangguan kesehatan. Terlebih es batu yang diproduksi dengan pada tempat yang kurang higienis. Bakteri ini belum tersterilisasi oleh proses pemanasan saat merebus. Proses pembekuan nggak bisa mematikan bakteri-bakteri yang ada di dalamnya guys. Maka ketika es yang mengandung bakteri tersebut larut ke dalam minuman yang kita minum, sama artinya kita menuangkan air mentah ke dalam minuman kita…eeuuwww.

Penyakit Yang Disebabkan Oleh Bakteri Dalam Air Mentah Antara lain :

  • Diare
  • Muntaber
  • Gangguan Ginjal
  • Melemahkan Dinding Usus ( Khususnya Anak Anak )

Untuk itu sebaiknya sebelum membeli es di luaran sana, sebaiknya perhatikan bentuk es dan kebersihan saat meracik minuman ya guys… kalo mau lebih aman mungkin sebaiknya membuat es batu sendiri karena lebih terjamin kebersihanya. Semoga bermanfaat.

Check Also

Cara Membuat Jus Semangka Untuk Obati Asam Urat

Bagaimana cara membuat jus buah semangka (obati Asam urat) ? Imam Ibnul Qayyim menegaskan bahwasanya ...

...