Home / Artikel Kesehatan / Tips Kesehatan / Latihan Pernapasan Untuk Penderita Asma

Latihan Pernapasan Untuk Penderita Asma

Para ahli berpendapat bahwa penderita asma bernapas lebih cepat daripada orang yang bukan penderita asma, dan cenderung penderita asma ini kemudian bernapas melalui mulut. Hal itu membuat paru-paru menjadi dingin dan undara kering ini yang menjadi pemicu asma tersebut. Jadi ini membuktikan bahwa dengan latihan pernapasan dapat mengurangi gejala asma dan kebutuhan akan obat asma.

Pernafasan diafragma adalah teknik pernapasan yang sederhana yang mampu memaksimalkan distribusi udara ke paru-paru anda. Untuk melakukan pernapasan ini anda bisa melakukannya dengan berbaring atau duduk. Usahakan bernapas menggunakan hidung, saat menghirup udara maka perut anda harus keluar, ketika membuang napas maka perut harus masuk.

Pernapasan buteyko adalah pernapasan yang mengajarkan penderita asma untuk secara sadar kurinagi tingkat pernapasan. Posisi idealnya duduk tegak, santai lalu usahakan otot dada dan perut anda santai. Fokus lalu tutup mata anda dan memandang ke atas. Bernapas melalui hidung dengan perlahan tentunya mulut harus tertutup. Bernapaslah perlahan dan dalam kemudian buang napas perlahan sampai terasa tidak ada udara lagi di paru-paru anda. Tahan napas selama anda kuat kemudian bernapas perlahan.

Latihan gerak fisik merupakan gabungan antara elemen fisik dan elemen pernapasan. Usahakan tenang, kencangkan otot lalu lemaskan ototnya terutama pada otot bahu dan perut. Fokus pada pernapasan dengan mata tertutup dan bernapas santai dengan posisi istirahat. Konsentrasi bernapas dengan rotasi bahu, bernapas dengan angkat lengan anda, bernapas dengan melengkung ke depan.

Yoga kalau dilakukan secara teratur mampu mengurangi gejala asma dan penggunaan inhaler obat asma. Dalam melakukan yoga anda pegang sikap dan konsentrasi pada pernapasan anda.

Metode papworth sangat mirip dengan pernapasan diafragma dan pernapasan buteyko. Metode ini bermanfaat bagi penderita asma ringan yang disebabkan karena pernapasan cepat dan pernapasan mulut. Metode ini untuk penderita asma parah mungkin belum tentu bermanfaat atau asma yang disebabkan oleh penyebab lain seperti pilek dan alergi.

Pernapasan bibir mengerucut, metode ini sering dilakukan ketika sedang mengalami serangan asma, ini bisa membantu mengeluarkan lebih banyak udara yang tersumbat di paru-paru. Ambil napas melalui hidung secara perlahan dan hembuskan napas dengan kencang atau seolah-olah anda sedang bersiul. Hembuskan napas dua kali lebih lama dari yang anda hirup.

Metode relaksasi progresif membantu melemaskan semua otot tubuh, lakukan dengan posisi berbaring dan mata tertutup. Konsentrasi bernapas melalui hidung, gunakan penapasan diafragma. Kencangkan otot kaki kanan, rileks, rasakan tegangnya kemudia lemaskan. Lakukan untuk anggota tubuh yang lain. Lakukan dengan kondisi tenang dan rileks selama anda butuhkan.

latihan pernapasan asma

Check Also

Rajin Minum Madu Efektif Meningkatkan Jumlah Sel Darah Merah

Rajin Minum Madu Efektif Meningkatkan Jumlah Sel Darah Merah Gula putih dianggap sebagai sumber makanan ...

...