Home / Artikel Kesehatan / Tips Kesehatan / Latihan Untuk Meningkatkan Kesehatan Jantung

Latihan Untuk Meningkatkan Kesehatan Jantung

Latihan kardiovaskular atau aerobik merupakan aktivitas yang meningkatkan pernapasan dan detak jantung anda, pada dasarnya memacu jantung anda untuk bekerja lebih kerasa dan menjadi lebih kuat. Kebugaran kardiovaskular akan memperbaiki cara tubuh anda menggunakan oksigen. Disaat jantung anda menjadi lebih kuat, anda tidak akan mengalami keletihan saat berjalan menaiki tangga. Fisik anda menjadi lebih kuat dan mampu beraktivitas lebih lama.

Jalan cepat merupakan cara alami untuk meningkatkan kebugaran tubuh anda, pastikan memakai sepatu yang sportif dan nyaman, pasang pemutar musik dan mulai berjalan. Meski jalan santai lebih baik daripada duduk dikursi, coba tingkatkan lagi untuk berjalan lebih cepat untuk mencapai tingkat intensitas sedang.

Berlari lebih menantang dari jalan, dan juga salah satu cara terbaik untuk membakar kalori dalam tubuh anda, sebagai tambahannya anda juga bisa mencoba untuk menurunkan berat badan guna mengurangi resiko penyakit jantung. Untuk pemula coba untuk memulai dengan jalan cepat dahulu kemudian 1 atau 2 menit untuk berlari tiap 5 menit berjalan. Apabila tubuh sudah menyesuaikan anda tidak perlu lagi menambahkan berjalan, cukup berlari saja.

Renang merupakan alternatif lain apabila anda mempunyai masalah dengan sendi kaki sehingga tidak bisa melakukan olahraga jalan cepat atau berlari. Air juga bisa menjadi tantangan untuk melatih tubuh anda. Berenang tidak hanya akan meningkatkan detak jantung dan meningkatkan kesehatan jantung, tapi juga dapat meningkatkan kekuatan otot anda.

Bersepeda yaitu olahraga ringan yang bisa anda lakukan di gym atau di jalan, juga merupakan aktivitas kardiovaskular yang mudah di persendian kaki. Cobalah bergabung dengan klub bersepeda dan nikmati. Ketika bersepeda jantung anda akan memompa dan anda juga akan mengencangkan tubuh bagian bawah anda.

Latihan sirkuit, coba tambahkan latihan cardio ketika anda melakukan latihan aerobik. Tiap 3 menit untuk kardia, coba lakukan latihan kekuatan selama 1 menit. Lakukan dari latihan satu ke latihan latihan berikutnya guna menjaga agar detak jantung anda tetap aktif. Latihan-latihan ini tidak hanya meningkatkan kekuatan otot dan daya tahan tubuh tapi juga untuk kesehatan jantung anda.

olahraga lari

Check Also

Rajin Minum Madu Efektif Meningkatkan Jumlah Sel Darah Merah

Rajin Minum Madu Efektif Meningkatkan Jumlah Sel Darah Merah Gula putih dianggap sebagai sumber makanan ...

...