Home / Artikel Kesehatan / Tips Kesehatan / Manfaat Konsumsi Tomat Bagi Tubuh

Manfaat Konsumsi Tomat Bagi Tubuh

Tomat mengandung banyak manfaat bagi kesehatan anda, tomat sering menjadi perdebatan apakah termasuk buah atau sayur. Tomat merupakan sayuran karena bisa dimasak dan diolah.

Tomat sangat baik untuk kulit, bisa dilakukan dengan cara menempelkan langsung pada kulit anda. Untuk perawatan kulit diperlukan sekitar delapan hingga dua belas tomat. Kupas lalu letakkan tomat pada kulit wajah anda. Biarkan selama sepuluh menit kemudian angkat dan buang tomat tersebut lalu cuci wajah anda. Beberapa saat kemudian anda akan merasakan kulit terasa bersih dan mengkilat, mungkin ada yang kemerahan tapi akan segera hilang beberapa saat kemudian.

Mampu mencegah kanker karena tomat mengandung lycopene yang tinggi. Lycopene adalah antioksidan alami yang efektif untuk memperlambat pertumbujan sel kanker. Tomat yang dimasak lebih banyak mengandung lycopene.

Membantu tulang menjadi kuat karena banyak mengandung kalsium dan vitamin K. Dua hal penting ini yang sangat dibutuhkan untuk memperkuat dan perbaikan pada jaringan tulang.

Membantu memperbaiki kerusakan akibat merokok, tomat mampu mengurangi kerusakan akibat dari menghisap rokok. Kandungan asam koumarat dan asam chlorogenic ini fungsinya untuk melindungi tubuh dari karsinogen dari asap rokok.

Tomat memberikan antioksidan yang sangat penting bagi tubuh anda, karena banyak mengandung vitamin A dan vitamin C. Vitamin dan beta karoten berfungsi sebagai antioksidan yang menetralisir radikal bebas yang berbahaya di dalam aliran darah. Semakin merah tomatnya maka semakin banyak beta karoten yang dikandungnya. Perlu diingat kalau tomat dimasak maka kandungan vitamin C nya akan hilang, jadi sebaiknya konsumsilah ketika dalam keadaan masih segar atau belum dimasak.

Tomat juga baik untuk kesehatan jantung anda. Hal ini disebabkan adanya kandungan vitamin B dan postassium didalam tomat, mampu mengurangi kadar kolesterol dan dapat menurunkan tekanan darah anda. Anda bisa menambahkan tomat ke dalam menu masakan, tomat efektif mampu mencegah serangan jantung, stroke dan penyakit lain yang berhubungan dengan jantung.

Bagus juga untuk rambut anda, karena tomat mengandung vitamin A yang dibutuhkan oleh rambut anda. Menjaga rambut anda tetap berkilau dan kuat serta menjaga bagian tubuh lain seperti mata, kulit, tulang dan gigi.

Tomat sangat bagus untuk ginjal dan mata anda. Memakan tomat tanpa bijinya dapat mengurangi resiko batu ginjal, sedangkan vitamin A yang dikandungnya sangat bagus untuk kesehatan mata.

Oleh karena itu mulai saat ini, konsumsi tomat untuk menjaga kesehatan tubuh anda. Karena tomat banyak mengandung vitamin dan zat yang dibutuhkan oleh tubuh anda.

makan tomat setiap hari

Check Also

Rajin Minum Madu Efektif Meningkatkan Jumlah Sel Darah Merah

Rajin Minum Madu Efektif Meningkatkan Jumlah Sel Darah Merah Gula putih dianggap sebagai sumber makanan ...

...