Home / Artikel Kesehatan / Menakjubkan! Ini 7 Khasiat Luar Biasa Daun Nangka

Menakjubkan! Ini 7 Khasiat Luar Biasa Daun Nangka

Nangka adalah tanaman yang banyak dan mudah dijumpai di Indonesia. Tanaman Nangka memiliki manfaat yang banyak. Baik biji, buah, bahkan daunnya dapat digunakan untuk mengobati penyakit secara alami, dan juga bermanfaat untuk terapi perawatan kecantikan. Senyawa yang terkandung dalam daun nangka kaya zat berkhasiat yang dapat digunakan untuk obat diabetes, kanker, dan penyakit lainnya.

Daun Nangka yang yang memiliki nama latin tanaman Artocarpus Heterophyllus ini terbukti telah manjur dimanfaatkan sejak jaman dulu. Misalnya dalam teknik pengobatan Ayuverda dari India, daun dari tanaman Nangka dipakai untuk mengobati penderita diabetes karena daunnya memiliki efek Hipoglikemi. Berikut ini adalah beberapa manfaat penting lainnya yang dapat diperoleh dari daun nangka.

 

1. Memelihara Kesehatan Tulang dan Gigi

Daun nangka diketahui kaya kandungan kalsium. Kalsium adalah salah satu mineral yang sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Dengan mengonsumsi daun nangka dapat membantu Anda menjaga kesehatan tulang dan gigi dalam memenuhi kebutuhan kalsiumnya yang didapatkan dari daun nangka.

2. Kaya AntiOksidan dan Mencegah Penuaan Dini

Antioksidan yang terdapat dalam daun nangka diketahui dapat membantu tubuh melawan efek penuaan dini. Antioksidan merupakan agen penangkal radikal bebas dalam tubuh yang penting dalam melawan penuaan dini.

3. Memelihara Kesehatan Tubuh

Dengan kandungan nutrisinya Daun nangka mampu membantu menjaga kesehatan tubuh Kita, berbagai macam kandungan zat dan serat bermanfaat yang ada di dalamnya mampu meningkatkan daya tahan tubuh atau sistem imun tubuh sehingga terhindar dari penyakit.

Rebuslah sekitar 10 lembar daun nangka yang sudah tua di dalam 1,5 liter air. Biarkan di atas api kecil hingga beberapa menit sampai daun nangka setengah matang, kemudian saring ambil air rebusannya saja, kemudian tutup wadah air rebusan agar uapnya tidak keluar. Ketika sudah dingin, minumlah air rebusan daun nangka tersebut dengan dosis 3 kali sehari 30 menit sebelum anda makan.

4. Mencegah Kanker

Manfaat luar biasa lainnya dari daun nangka ini yaitu dapat mencegah penyakit kanker. Beberapa sumber menyebutkan bahwa telah ditelusuri perpaduan antara daun nangka dan daun sirsak terbukti mampu menekan pertumbuhan sel-sel kanker secara signifikan.

5. Regenerasi Sel-Sel Kulit Mati

Bila Anda menginginkan kulit tubuh yang sehat daun nangka ternyata juga mampu menjaga dan merawat kecantikan kulit. Kombinasi daun pepaya dan daun Nangka yang diolah menjadi masker dapat Anda gunakan untuk tujuan ini. Caranya ambillah beberapa lembar daun nangka yang tidak terlalu muda dan tua. Cuci bersih dan tumbuklah hingga halus dan lembut, kemudian oleskan ke kulit wajah anda. Penggunaan yang rutin seminggu sekali sangat dianjurkan agar mendapatkan hasil yang optimal.

6. Mengobati Diabetes

Daun nangka juga dapat digunakan sebagai obat bagi mereka yang menderita dakit diabetes. Caranya sekitar 10 lembar daun nangka yang tidak terlalu muda dan tua direbus dengan 1.5 liter air. Didihkan sampai suhunya mencapai sekitar 70 derajat C. Jangan terlalu lama, jangan sampai daunnya terlalu masak. Saring dan ambil airnya saja masukkan ke dalam wadah dan tutup, tunggu hingga dingin. Minum tiga kali sehari setiap tiga puluh menit sebelum makan.

7. Mengobati Sakit Bisul

Untuk mengobati bisul caranya adalah bakar daun nangka yang telah kering, kemudian bila sudah jadi arang, campurkan dengan kapur sirih, dan minyak kayu putih. Lalu aplikasikan atau oleskan pada kulit yang memiliki bisul.

Semoga bermanfaat!

Check Also

Cara Membuat Jus Semangka Untuk Obati Asam Urat

Bagaimana cara membuat jus buah semangka (obati Asam urat) ? Imam Ibnul Qayyim menegaskan bahwasanya ...

...