Home / Artikel Kesehatan / Menuangkan Air Pada Telinga Yang Kemasukan Air, Aman Kah?
Menuangkan Air Pada Telinga Yang Kemasukan Air, Aman Kah?
Menuangkan Air Pada Telinga Yang Kemasukan Air, Aman Kah?

Menuangkan Air Pada Telinga Yang Kemasukan Air, Aman Kah?

Biasanya kalo kita lagi berenang ya guys.. sering banget ngalamin kemasukan air pada telinga ya kan? Dan hal yang paling sering kita lakukan adalah menuang kan kembali air kedalam telinga dengan istilah dipancing dengan air sehingga air yang masuk kedalam telinga akan ikut keluar, dan itu kebanyakan berhasil. Lalu dimata medis apakah hal tersebut dibenarkan? Menurut dr Agus Subagio SpTHT mengatakan menuangkan air kembali seyogianya boleh saja dilakukan. Namun, hal tersebut juga mesti memerhatikan kondisi telinga.
“Asal kondisi telinga baik-baik saja ya nggak kenapa menuangkan air kembali,” ucap dokter yang praktik di RS Pondok Indah Puri Indah.

Nah sedangkan didmata medis bagaimana sih seharusnya mengatasi telinga yang kemasukan air? Dipaparkan lebih detail lagi oleh dr Agus menambahkan, ada cara lain untuk mengatasi air yang masuk ke dalam telinga yaitu dengan menarik atau menggerakan daun telinga. Akan tetapi beliau  kembali mengingatkan bahwa pada dasarnya air dapat keluar secara alami karena kondisi lingkungan yang hangat. Ada juga nih guys kasus tertentu pada beberapa pasien ada struktur anatominya yang bermasalah. Jadi ada lekukan di sekitar gendang telinga sehingga membuat  air yang masuk menjadi tergenang. Menurut dr Agus para dokter biasanya memasukan benda kedalam telinga yang sudah berisi kapas.. sehingga kapas dapat menyerap air yang masuk kedalam telinga.

So guys.. bila keadaan tidak memungkin kan untuk pergi ke dokter, memasukan air kedalam telinga kembali saat telinga kemasukan air ternyata aman aman saja asalkan sebelumya  tidak ada masalah pada telinga tersebut ya guys.. bila sudah memasukan telinga tapi masih terasa tidak nyaman di telinga, maka sebaiknya kalian segera pergi ke dokter THT terdekat agar dapat ditangani dengan segera. Semoga bermanfaat.

Check Also

Hasil Penelitian Terbukti Bahwa Kurma Ajwa Sebagai Penangkal Racun

Kurma Ajwa , siapa yang tak pernah mendengar tentang Kurma jenis yang satu ini , ...

...