Home / Artikel Kesehatan / Pahami Dosis Dan Cara Pakai Habbatussauda Agar Efek Kesembuhan Maksimal

Pahami Dosis Dan Cara Pakai Habbatussauda Agar Efek Kesembuhan Maksimal

Habbatussauda atau Jintan hitam merupakan ramuan herbal yang mudah dijumpai di India, Meksiko dan negara-negara Mediteran. Penggunaan jintan hitam telah meluas tidak hanya untuk bumbu makanan tetapi juga sebagai bagian pengobatan kuno.

KANDUNGAN HABBATUSSAUDA/ Nigella sativa

Habbatussauda kaya dengan :

● Monosakarida, Polysakarida, glukosa, xylosa dsb.
● Fatty acid yang tidak jenuh (unsaturated essential fatty acid, EFA)
● 15 Amino acid yang membentuk protein
● Carotene yaitu sumber vitamin A
● Ion Kalsium, zat besi, Potasium, ion sodium, Magnesium, Selenium
● Vitamin A, C, E, B1, B2, B6

Dalam dunia pengobatan Islam habbatusauda sangatlah direkomendasikan , bahkan ada hadist yang menyatakan jika habbats ini adalah obat segala penyakit kecuali tua dan kematian. Berikut ini uraian agar habbatussauda menjadi berefek dahsyat untuk pengobatan tubuh.
terutama dalam hal Cara minum atau dosis yang tepat

Dalam menanggulangi berbagai macam penyakit harus digunakan tepat pakai, tepat dosis dan tepat sediaan. Inilah baru bisa disebut ikhtiar maksimal. Agar tepat dosis, harus diketahui berapa dosis masing-masing penyakit. Agar tepat pakai, harus diketahui bagaimana pemakaiannya. Apakah dioles, dihirup, diminum atau diteteskan. Tepat sediaan, harus pas sediaan yang digunakan. Apakah sediaan minyak, serbuk, ekstrak, uap dlsb.

Untuk mengatasi pilek dan peradangan atau inflamasi, banyak sekali riset dan penelitian yang telah menemukan hasil yang menunjukkan bahwa habbatussauda adalah agen antiinflamasi (anti radang) yang cukup baik. Bahkan diyakini khasiatnya lebih baik dibanding dengan obat-obatan antihistamin dalam mengatasi dan mengobati pilek (Rhinitis). Habbatussauda berkhasiat melegakan hidung mampet, gangguan nafas, sesak nafas dan juga gejala lain dari penyakit. Selain itu jintan hitam atau Habbatusauda juga memiliki khasiat antitusif atau obat batuk.

Yang menjadi masalah adalah pengguanaannya harus tepat dosis, tepat pakai dan tepat sediaan. selain itu tentunya harus juga dipastikan bahwa bahan yang dipakai benar-benar habbatussauda asli atau nigella sativa.

Untuk pemeliharaan kesehatan dan stamina tubuh habbats bisa dikonsumsi dengan dosis 3 kali sehari 2 kapsul (untuk orang sehat). Sedangkan jika dirasakan adanya gejala penyakit tertentu seperti radang atau pilek selain minum habbats bisa juga ditambahkan terapi hirupan minyak Habbatussauda. Untuk memberikan reaksi yang lebih cepat Anda bisa mencampurkan satu sendok teh (5 ml) minyak Habbatussauda ke dalam air minum yang panas. Hirup uapnya dalam-dalam,  kemudian  setelah airnya dingin diminum sampai habis. Lakukan terapi ini  3 sampai 4 kali sehari.

Semoga bermanfaat.

sumber: dr. Insan Agung N (eramuslim.com)

Check Also

Ambil Beberapa Lembar Daun Jeruk Nipis, Seduh Dan Rasakan Manfaatnya Yang Luar Biasa!

Daun Jeruk Nipis biasa digunakan dalam masakan daerah, seperti kare, soto, gulai dan sebagainya. Penggunaan ...

...