Home / Artikel Kesehatan / Rebus 3 Ramuan Nifas Ini Dalam Panci Tanah Liat Agar Maksimal Khasiatnya!

Rebus 3 Ramuan Nifas Ini Dalam Panci Tanah Liat Agar Maksimal Khasiatnya!

Masa Nifas adalah periode keluarnya darah yang di alami perempuan pasca melahirkan. Biasanya masa nifas terjadi dalam kurun waktu kurang atau lebih dari 40 hari. Dalam masa nifas perempuan akan mengeluarkan darah dari organ vitalnya. Darah ini disebut lochia yang merupakan campuran darah dan sisa-sisa jaringan dari dalam rahim ibu melahirkan. Lochia ini harus keluar semua agar ibu sehat. Pada masa nifas infeksi pada rahim dapat terjadi tanda-tandanya adalah darah nifas berbau anyir dan busuk, serta diiringi nyeri pada perut bawah, ibu bisa juga mengalami demam tinggi.

Untuk perawatan ibu yang mengalami nifas pasca melahirkan orangtua jaman dulu biasa mengonsumsi ramuan khusus nifas. Ramuan ini dimaksudkan melancarkan pengeluaran darah nifas sehingga rahim kembali bersih juga mengembalikan stamina dan daya tahan tubuh ibu pasca melahirkan.

Berikut resep ramuan nifas :

Resep 1.

Bahan : Siapkan bahan-bahan berupa Daun miana 15 – 30 gram, Daun turi 15 gram, Temulawak 30 gram, dan Temu hitam 30 gram.

Cara meramunya cukup mudah yaitu Cuci bersih semua bahan tadi, rajang semua bahan, rebus dengan 600 ml air minum biarkan diatas api kecil hingga tersisa 300 ml, saring dan dinginkan. Minumlah ramuan nifas ini 2 kali sehari sekali minum 150 ml.

Resep 2.

Bahan : Siapkan dan bersihkan dengan air bersih Lengkuas Muda 30 gram, Lempuyang Wangi 25 gram, Daun Pepaya 50 gram, Gula merah/gula jawa secukupnya, Asam Kawak 10 gram.

Mulailah meramu bahan-bahan tadi, caranya semua bahan dipotong-potong, dalam panci masukkan 600 ml air, rebus semua bahan hingga airnya tersisa setengahnya, lalu saring dan dinginkan. Minum ramuan nifas ini 2 kali sehari setiap minum 150 ml.

Resep 3.

Bahan : Daun Srigading 15 gram, Daun Sirih 5 lembar, Bangle 20 gram, Kunci Pepet 20 gram.

Mulai membuat ramuan nifas ini, caranya cuci bersih semua bahan, rebus dengan sekitar 600 ml air di atas api kecil biarkan hingga air rebusan tersisa 300 ml atau setengahnya, lalu saring. Minumlah ramuan nifas ini 2 kali sehari setiap kali minum 150 ml.

Pilihlah salah satu dari resep ramuan nifas di atas yang Anda rasa paling mudah mendapatkan bahannya. Rutinkanlah meminumnya saat dalam periode nifas. Sebaiknya saat merebus ramuan menggunakan panci dari tanah liat atau panci kaca tahan panas. Hindari menggunakan panci yang terbuat dari almunium ataupun besi karena dapat mempengaruhi zat-zat berkhasiat dalam ramuan tadi.

Semoga bermanfaat, jangan lupa dishare agar informasi ini dapat diambil manfaatnya terutama bagi ibu nifas lainnya.

 

Check Also

Pisang Obat Saluran Pencernaan Dan Insomnia

Dalam Buah Pisang yang masak mengandung serotonin yang merupakan substansi kimia yang bermanfaat menekan sekresi ...

...