Home / Artikel Kesehatan / Sembuhkan Batuk Kering Dan Berdahak Dengan Bawang Merah

Sembuhkan Batuk Kering Dan Berdahak Dengan Bawang Merah

Batuk merupakan reaksi dari tubuh kita karena ada suatu hal yang tak beres dalam tubuh kita. Batuk dapat disebabkan hal-hal remeh di sekitar kita seperti makan makanan berlemak, minum es, menghirup asap polusi dan lain sebagainya. Namun yang perlu diwaspadai batuk dapat menjadi gejala dari suatu penyakit dari yang ringan, sedang hingga parah.

Bawang-bawangan dikenal luas memiliki khasiat pengobatan, termasuk di antaranya Bawang Merah. Anda dapat menggunakan bawang merah untuk mengobati batuk yang membandel. cara mengatasi batuk secara alami ini dapat jadi pilihan yang baik terutama bagi Anda yang kerap memiliki alergi obat. Bawang merah mengandung zat antiseptik dan senyawa alliin. Senyawa alliin kemudian diubah menjadi asam piruvat, amonia, dan alliisin oleh enzim alliinase.

Cara Membuat Ramuan Obat Tradisional Alami Bawang Merah Untuk Batuk

Membuat ramuan ini tidak akan memakan waktu lama, Anda tak perlu merepotkan siapapun karena mudahnya membuat ramuan ini alami untuk mengatasi batuk dari bawang merah ini. Yang perlu Anda lakukan hanya menyiapkan beberapa butir bawang merah yang berukuran sedang tanpa mengupas kulitnya. Sebelumnya cuci hingga bersih bawang merah tadi. Setelah itu potong-potong bawang merah masing-masing menjadi empat bagian. Selanjutnya rebus dengan 4 gelas air dalam panci. Biarkan hingga mendidih dan airnya menyusut jadi 2 gelas saja. Tunggu sampai dingin kemudian saring ramuan tadi.

Cairan rebusan bawang nerah tadi dibagi 2. Minum segelas air rebusan bawang merah yang ditambahkan madu dan sedikit perasan jeruk lemon atau jeruk nipis. sebaiknya diminum selagi hangat. Konsumsi ramuan obat batuk dari bawang merah ini dua kali sehari. Anda akan segera merasakan hasilnya dalam waktu singkat. Dosis untuk anak-anak adalah setengah dari dosis orang dewasa.

Ramuan Bawang Merah ini juga efektif mengobati Batuk Berdahak. Seperti kita ketahui batuk memiliki beberapa jenis yaitu batuk kering dan batuk berdahak. Batuk berdahak cenderung lebih sulit diobati karena harus mengeluarkan dahaknya dulu untuk meringankan batuknya.

Untuk mengatasi batuk berdahak yang sangat mengganggu ini siapkan saja yaitu :

3 cm jahe yang dimemarkan (dipukul),
1 siung bawang merah diiris-iris
1 sdt asam jawa dan madu secukupnya.

Rebuslah akar jahe dan irisan bawang merah dalam 4 gelas air, biarkan hingga mendidih dan air menyusut menjadi 2 gelas saja. Matikan api,angkat kemudian saring air rebusan tadi. Diamkan sampai menjadi hangat. Tuang ke dalam gelas air rebusan bawang dan jahe tersebut. Masukkan asam jawa beserta satu sendok makan madu murni, aduk rata kemudian minum selagi hangat. Sebaiknya ramuan ini diminum dua kali sehari secara rutin. Dalam beberapa waktu Anda akn merasakan batuk berdahak berangsur ringan dan sembuh. Dahakpun hilang. Dosis untuk anak-anak adalah setengah dosis orang dewasa.

Check Also

Hasil Penelitian Terbukti Bahwa Kurma Ajwa Sebagai Penangkal Racun

Kurma Ajwa , siapa yang tak pernah mendengar tentang Kurma jenis yang satu ini , ...

...