Home / Artikel Kesehatan / Terapi Sakit Encok Berdasarkan Cara Nabi Muhammad SAW

Terapi Sakit Encok Berdasarkan Cara Nabi Muhammad SAW

Penyakit encok adalah rasa sakit dan ngilu yang diarsakan dipersendian bagian pangkal paha, lalu mnyerang dari arah belakang sampai paha  dan kadang kadang sampai mata kaki, semakin lama serangannya semakin bertambah, kaki dan paha juga akan menjadi lemah karenanya. Secara ilmiah Encok adalah bentuk arthritis yang terjadi ketika kadar asam urat dalam darah terlalu tinggi yang dapat menyebabkan kristal terbentuk di sekitar sendi, pembentukan kristal ini pada akhirnya menyebabkan peradangan dan nyeri.

Diantaranya pemicu sakit  encok adalah :

# Faktor usia, orang yang sudah tua tentunya berbeda dengan yang masih muda dimana badan sudah tidak aktif bergerak

# Osteoporosis atau Pengapuran pada tulang adalah hal yang sangat umum dialami oleh manusia di usia senja apalagi oleh wanita. Pada tingkat yang lebih parah hal ini dapat mengakibatkan jepitan yang terjadi pada syaraf belakang sehingga menimbulkan rasa yang sakit.

# Obessitas atau kegemukan memberikan bebang lebih pada tubuh, sehinggga banyak jaringan yang pecah dan menimbulkan peningkatan produksi asam urat.

# Kebiasaan minum minuman berakohol, sehingga mengganggu kadar asam urat dala tubuh

# Konsumsi obat-obatan secara rurtin seperti obat diuretik, levodopa, cyclosporine, hingga salisilat.

# Terdapat gangguan pada enzim-enzim yang membantu pecahnya senyawa purin

# Genetik (keturunan)

Apa saja Gejala sakit encok? Berikut ulasannya.

Rasa nyeri pada persendian dan nyerinya suka berpindah-pindah

Keluar keringat secara berlebihan

Terkadang dirasakan otot-otot menjadi tegang

Sering merasa sakit kepala

Terjadi pembengkakan dan peradangan pada sendi

Bagaimana mengobati penyakit ini dengan Cara Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassallam?

Ibnu Majah Meriwayatkan pada kitab sunnahnya Hadits ibnu majah 3454

حَدَّثَنَا هِشَامُ بْنُ عَمَّارٍ وَرَاشِدُ بْنُ سَعِيدٍ الرَّمْلِيُّ قَالَا حَدَّثَنَا الْوَلِيدُ بْنُ مُسْلِمٍ حَدَّثَنَا هِشَامُ بْنُ حَسَّانَ حَدَّثَنَا أَنَسُ بْنُ سِيرِينَ أَنَّهُ سَمِعَ أَنَسَ بْنَ مَالِكٍ يَقُولُ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ شِفَاءُ عِرْقِ النَّسَا أَلْيَةُ شَاةٍ أَعْرَابِيَّةٍ تُذَابُ ثُمَّ تُجَزَّأُ ثَلَاثَةَ أَجْزَاءٍ ثُمَّ يُشْرَبُ عَلَى الرِّيقِ فِي كُلِّ يَوْمٍ جُزْءٌ

Obat penyakit enc0k adalah buntut (ekor) kambing kampung betina yg di keringkan, kemudian di bagi menjadi tiga bagian, lalu di minum dgn air bersih satu bagian setiap harinya. [HR. ibnumajah No.3454].

Hadits ibnumajah No.3454 Secara Lengkap

[[[Telah menceritakan kepada kami [Hisyam bin ‘Ammar] dan [Rasyid bin Sa’id Ar Ramli] keduanya berkata; telah menceritakan kepada kami [Al Walid bin Muslim] telah menceritakan kepada kami [Hisyam bin Hassan] telah menceritakan kepada kami [Anas bin Sirin] bahwa dia mendengar [Anas bin Malik] berkata,

“Saya mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Obat penyakit encok adalah buntut (ekor) kambing kampung betina yang di keringkan, kemudian di bagi menjadi tiga bagian, lalu di minum dengan air bersih satu bagian setiap harinya.”]]]

Jika sakitnya disebabkan pengerasan, maka ekor kambing akan melunakkan. Perlu diingat, yang digunakan adalah sebaiknya kambing gunung, karena merumput pada syaih (wormwood, tumbuhan berbau tajam menghasilkan minyak), dan Qaishum (katun lavender). Keduanya disinyalir sebagai penghilang nyeri encok. Meskipun masih perlu dilakukan riset lebih jauh tentang kedua tumbuhan tersebut dengan penyakit ini.

sumber: Buku Ensiklopedi Pengobatan Nabi

Check Also

Cara Membuat Jus Semangka Untuk Obati Asam Urat

Bagaimana cara membuat jus buah semangka (obati Asam urat) ? Imam Ibnul Qayyim menegaskan bahwasanya ...

...