Home / Artikel Kesehatan / Waspadai Penggunaan Earphone Terlalu Lama Justru Mendorong Kotoran Telinga Masuk Kedalam
Waspadai Penggunaan Earphone Terlalu Lama Justru Mendorong Kotoran Telinga Masuk Kedalam
Waspadai Penggunaan Earphone Terlalu Lama Justru Mendorong Kotoran Telinga Masuk Kedalam

Waspadai Penggunaan Earphone Terlalu Lama Justru Mendorong Kotoran Telinga Masuk Kedalam

Kalo lagi bete .. paling enak dengerin musik, tapi kadang kalo disekitar kita lagi berisik.. yang ada malah gak kedengeran tuh musik ya guys..and jalan terakhir biasanya agar orang lain gak berisik juga ama musik yang kita denger.. and kita juga gak terganggu sama kanan kiri.. maka opsi penggunaan earphone adalah pilihan yang paling tepat. Biasanya nih guys.. kebanyakan orang kalo udah keseringan pake earphone jadinya ketagihan, entah itu karena udah merasa nyaman karena privacy nya lebih terjaga, dengerin musik sekenceng apapun and toh kanan kiri juga gak ikut denger.. karena hal tersebut jadinya earphone mania jadi tergantung pada alat tersebut. Tapi tau gak sih guys.. kalo menggunakan earphone terlalu lama ada efek buruk bagi kesehatan telinga? Pada umumnya udah tau kali ya kalo  terlalu lama menggunakan earphone dapat memicu terjadinya gangguan telinga seperti budek alias tuli sementara kalo tingkatan nya udah parah bisa tuli permanent.

Ada mitos yang mengatakan … bila menggunakan earphone maka kotoran telinga  akan rontok dan keluar..hmmm bener gak sih? Baru baru ini guys..pada sebuah berita yang dilansir oleh detik.health.. bersumber pada wawancara  dengan seorang dokter THT  yang bernama Agus Subagio, SpTHT, beliau mengatakan saat  menggunakan earphone terlalu lama,  kalau liang telinga produksi kotoran cukup aktif itu (penggunaan earphone) bisa mendorong kotoran masuk ke dalam,” nah kotoran telinga terdorong masuk ke bagian dalam, hal ini akan menyebabkan masalah, diantaranya seperti kotoran mengeras dan akhirnya akan sulit dibersihkan. Selain itu dokter Agus juga menjelaskan penggunaan earphone pada saat akan tidur sebaiknya tidak dilakukan karena dapat memicu masalah pendengaran dalam artian kerusakan syaraf pendengaran.. yang mana sampai saat ini belum ada obat nya.

Nah guys… dari informasi diatas ternyata mitos tentang kotoran akan rontok dari telinga terbantah kan sudah, justru menggunakan earphone membuat kotoran telinga lebih masuk kedalam yang akibat nya susah dibersihkan, mengalami pengerasan, dan akhirnya menyebabkan gangguan pendengaran. Gimana guys… masih mau berlama lama pake earphone? yuk…sayangi telinga kita mulai sekarang. Semoga bermanfaat.

 

Sumber : Detikhealth

Check Also

Ambil Beberapa Lembar Daun Jeruk Nipis, Seduh Dan Rasakan Manfaatnya Yang Luar Biasa!

Daun Jeruk Nipis biasa digunakan dalam masakan daerah, seperti kare, soto, gulai dan sebagainya. Penggunaan ...

...