Home / Artikel Kesehatan / Ambil Beberapa Lembar Daun Jeruk Nipis, Seduh Dan Rasakan Manfaatnya Yang Luar Biasa!

Ambil Beberapa Lembar Daun Jeruk Nipis, Seduh Dan Rasakan Manfaatnya Yang Luar Biasa!

Daun Jeruk Nipis biasa digunakan dalam masakan daerah, seperti kare, soto, gulai dan sebagainya. Penggunaan daun jeruk nipis dalam masakan bertujuan untuk menambah citarasa dan aroma pada masakan. Juga untuk menutupi bau amis dari ikan maupun ayam yang dimasak. Daun jeruk nipis juga sering dicampurkan dalam minuman, aroma dan rasanya menambah kesegaran pada minuman tersebut. Dalam pengobatan tradisional buah jeruk nipis sangat luas penggunaannya dan sudah umum diketahui oleh banyak orang khasiatnya, sedangkan daun jeruk nipis tak banyak orang yang paham bahwa khasiatnya tak kalah hebat dengan buahnya. Brikut khasiat dan manfaat serta cara meramu daun jeruk nipis.

Mencegah penyakit Mulut dan Gigi

Gigi dan mulut adalah bagian tubuh yang perlu kita pėrhatikan dengan baik. Dengan memberikan perawatan rutin pada mulut dan gigi akan berpengaruh pada kesehatan Anda secara keseluruhan. Mulut dan gigi yang sehat dapat memberikan dukungan pada penampilan Anda. Karang gigi, gusi bėngkak, sariawan dan gigi yang bėrlubang merupakan permasalahan umum yang terjadi pada mulut dan gigi. Daun jėruk mengandung vitamin C yang berkhasiat untuk memberkan perlindungan kesehatan pada gigi dan gusi. Kunyahlah beberapa lembar daun jėruk nipis segar lalu berkumur. Nafas Anda akan terasa segar dan harum, bau mulut akan segera lenyap.

Menghilangkan kembung di perut

Beberapa hal dapat memicu gas berlebih di lambung, seperti stress, kecemasan dan pola makan yang buruk. Daun jeruk nipis mengandung banyak asam esensial dan apigenin. Senyawa ini bisa membantu menekan produksi gas dalam lambung juga memiliki sensasi menentramkan. Rebuslah daun jeruk nipis segar untuk dicampurkan minuman seperti teh atau minuman lainnya. Tambahkan madu atau gula aren sebagai penambah rasa.

Mengobati Luka

Daun Jeruk Nipis dapat mengobati luka. Seperti luka gores. Ambil beberapa lembar daun jeruk nipis lalu tumbuk halus sampai jadi pasta. Balurkan pada luka, ganti baluran beberapa kali sehari.

Mengatasi Diare

Diare biasanya disebabkan oleh bakteri pada makanan, masuknya kuman ke dalam pencernaan melalui
makanan mengganggu keseimbangan flora usus, tubuh menolak bakteri dengan cara mengeluarkannya lagi melalui feses (diare). Diare menyebabkan rasa tak nyaman pada perut, untuk meredakannnya Anda bisa meminum seduhan daun jeruk nipis dengan sedikit madu.

Membantu meringankan gangguan pernapasan

Diketahui daun jeruk nipis dapat meredakan gangguan pernapasaan seperti sesak dan batuk. Beberapa hal dapat memicu batuk dan sesak, misalnya alergi dan flu. Seduhan daun jeruk nipis ditambah madu dapat menghangatkan saluran pernapasan dan melegakannya.

Mengatasi Reumatik

Peyakit persendian yang kerap menyerang mereka yang berusia lanjut ini dapat diatasi dengan cara meremas atau melumatkan beberapa lembar daun jeruk nipis dan mengusapkannya pada bagian yang sakit. Ini akan meredakan sakit persendian akibat reumatik.

Check Also

Cara Membuat Jus Semangka Untuk Obati Asam Urat

Bagaimana cara membuat jus buah semangka (obati Asam urat) ? Imam Ibnul Qayyim menegaskan bahwasanya ...

...