Home / Artikel Kesehatan / Bahaya Tetesan Asam Sitrat Buah Jeruk Pada mata

Bahaya Tetesan Asam Sitrat Buah Jeruk Pada mata

Buah Jeruk , siapa yang tak mengenal buah yang unik dengan rasa masam, manis, kecut ini, bahkan hampir setiap dapur rumah tangga penggunaan buah Jeruk , jeruk nipis sebagai salah satu bahan campuran masakan selalu ada bahkan wajib. Jeruk yang sangat banyak manfaatnya ini konon juga sangat efektif untuk pengobatan mata di masyarakat , dimana pengobatannya adalah dengan cara mata ditetesi air perasan buah jeruk (nipis). Bagaimanakah teknik pengobatan tersebut? bukankah Buah jeruk terutama buah jeruk nipis mengandung asam sitrat yang sangat tinggi ,berikut ini kami mencoba mengulasnya.

Buah Jeruk,

Buah jeruk adalah tanaman yang berasal dari asia tenggara dikenal memiliki manfaat untuk mengobati berbagai gangguan kesehatan. Jeruk nipis memiliki kandungan vitamin A, B dan C, folat, dan antioksidan. Jeruk nipis dengan kandungan 30mg vitamin C mampu mencukupi sampai kebutuhan harian vitamin C pada tubuh manusia sampai 30 persennya.

Kandungan vitamin C yang melimpah ini menjadi agen antioksidan yang bermanfaat membantu dalam mencegah beberapa kondisi gangguan mata, misalkan minus, katarak hingga degenerasi makula. Penyakit mata yang disebutkan tadi dua diantaranya dapat mengakibatkan perubahan permanen pada penglihatan sentral dan yang paling fatal dapat menyebabkan kebutaan.

Vitamin C diperlukan tubuh untuk memperbaiki jaringan rusak tak terkecuali pada organ mata, seperti yang terjadi pada mata yang menderita katarak dan mata minus. Kandungan antioksidan yang terdapat dalam jeruk nipis berguna untuk melindungi mata dari berbagai bahaya yang mengancam mata dan melindunginya dari penuaan mata, jeruk nipis juga dilengkapi dengan kandungan flavonoid yaitu merupakan senyawa yang  mampu mencegah mata dari gangguan infeksi.

Selain mampu menjaga kesehatan mata, vitamin A juga diperlukan untuk membantu pembentukan sel-sel baru dan juga untuk penyembuhan peradangan. Kandungan vitamin B pada jeruk nipis memiliki manfaat dalam membantu dari kinerja sistem saraf sampai sistem imun atau kekebalan tubuh manusia.

Cara Menggunakan Jeruk Nipis sebagai Perawatan pada Mata

Banyak orang yang mengira bahwa penggunaan jeruk nipis untuk menangani permasalahan pada mata yaitu dengan cara meneteskan air perasannya pada mata, padahal hal tersebut tidak direkomendasikan sebagai perawatan mata, sebab apabila jeruk nipis dijadikan sebagai obat tetes mata maka sifat asamnya  akan menyebabkan iritasi bahkan dapat merusak lapisan pada mata. Ini disebabkan jeruk nipis mengandung asam sitrat.

Gunakan Jeruk nipis dengan cara dijadikan minuman menyegarkan yang bisa dikonsumsi, selain dapat memberi efek kebugaran minum atau makan jeruk nipis juga dapat membantu bagi perawatan mata yang terkena katarak dan mata minus.

 

Jadi jangan meneteskan perasan air jeruk nipis pada mata ya… karena asam sitrat pada jeruk nipis memiliki siat kimia bersifat kering dan larut, yang apabila kontak langsung dengan kulit atau mata akan mengakibatkan iritasi pada kulit dan mata.

Semoga bermanfaat!

Check Also

Mendiagnosa Penyakit Pasien Melalui Wajah

Berikut ini sebuah tulisan Dari Mookil Nam, Seorang Ahli Pengobatan Tradisonal Korea ,dalam bukunya berjudul ...

...