Home / Artikel Kesehatan / Tips Kesehatan / Beberapa Manfaat Tomat Untuk Kesehatan

Beberapa Manfaat Tomat Untuk Kesehatan

Tomat sangat banyak manfaatnya untuk kesehatan karena banyak mengandung nutrisi dan vitamin antara lain vitamin A, vitamin C dan vitamin K serta vitamin B6, folat dan thiamin. Tomat adalah sumber dari kalium, mangan, magnesium, fosfor dan tembaga yang bagus, juga memiliki serat makanan dan protein, serta sejumlah senyawa organik seperti lycopene yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Sudah sejak jaman dahulu orang-orang mengetahui manfaat dari tomat untuk kesehatan, tomat merupakan sumber antioksidan yang kaya. Lycopene yang terkandung didalam tomat cukup besar jumlahnya, merupakan antioksidan yang efektif untuk mencari kanker yang dapat menyebabkan radikal bebas. Lycopene mampu melawan kanker prostat, kanker serviks, kanker perut dan rektum serta faring dan kanker esofagus. Dan juga mampu melindungi dari kanker payudara dan kanker mulut.

Satu biji tomat mengadung sekitar 40% vitamin C yang merupakan antioksidan alami dapat mencegah radikal bebas penyebab kanker. Juga mengandung vitamin A, kalium dan zat besi. Kalium bertugas untuk menjaga kesehatan saraf dan zat besi menhaga kesehatan darah. Vitamin K bertugas untuk pembekuan darah dan kontrol pendarahan.

Lycopene dalam tomat berfungsi mencegah oksidasi serum lipid, sehingga memberikan perlindungan dari penyakit kardiovaskular. Lipid merupakan penyebab utama penyakit kardiovaskular. Kandungan vitamin A dalam tomat dapat mengurangi efek karsinogen dan dapat melindungi anda dari kanker paru-paru. Vitamin A juga bagus untuk penglihatan dan mencegah kebutaan malam serta degenerasi makula. Efek negatif dari radikal bebas salah satunya adalah mengganggu penglihatan, maka dibutuhkan antioksidan yang kuat terdapat didalam tomat.

Tomat juga mampu menjaga sistem pencernaan tetap sehat, mencegah diare dan sembelit, serta mencegah penyakit kuning dan menghilangkan racun-racun yang terdapat didalam tubuh anda. Serat yang sehat dapat membantu merangsang otot pencernaan yang halus dan melepaskan cairan lambung dan pencernaan.

Apabila anda mengkonsumsi tomat setiap hari ini dapat mengurangi resiko terkena hipertensi atau disebut juga dengan tekanan darah tinggi. Disamping hipertensi, tomat juga dapat mengurangi resiko diabetes.

Mengkonsumsi tomat organik sangat baik karena tidak terkontaminasi dengan bahan-bahan kimia seperti pestisida dan insektisida dengan jumlah yang cukup banyak.

tomat segar organik sehat

Check Also

Rajin Minum Madu Efektif Meningkatkan Jumlah Sel Darah Merah

Rajin Minum Madu Efektif Meningkatkan Jumlah Sel Darah Merah Gula putih dianggap sebagai sumber makanan ...

...