Home / Artikel Kesehatan / Inilah Cara Menguatkan Sistem Kekebalan Tubuh Dalam Waktu 3 Hari

Inilah Cara Menguatkan Sistem Kekebalan Tubuh Dalam Waktu 3 Hari

Manfaat puasa sangat banyak dan beragam. Puasa mendukung kesehatan yang baik dengan mendorong untuk mendapatkan berat badan yang sehat, mendorong fungsi kognitif normal, dan bahkan memfasilitasi detoksifikasi. Kini, penelitian juga menunjukkan bahwa puasa dapat membantu mengatur ulang sistem kekebalan tubuh.

Bagaimana puasa dapat me-Reset Sistem Kekebalan Tubuh?

Seperti setiap sistem lain di dalam tubuh, sistem kekebalan tubuh dapat lelah dan rusak. Penuaan, terapi medis agresif, stres oksidatif, polusi lingkungan, dan sejenisnya semua dapat mempercepat degradasi sel kekebalan tubuh. Ketika sel kekebalan tubuh jadi lelah dan lemah, kekebalan tubuh mereka jadi tidak seefektif yang seharusnya untuk melindungi kesehatan anda. Di sinilah puasa bisa membantu me-reset-nya.

Saat Anda berpuasa, tubuh Anda mencari makanan dan nutrisi dari sumber mana saja. Ini tidak hanya berlaku pada simpanan lemak, tubuh juga mendaur ulang sel yang tidak berfungsi atau tidak aktif lagi, seperti sel-sel sistem kekebalan tubuh lama yang sudah usang. Proses daur ulang sel ini, yang dikenal sebagai autophagy, memberi ruang bagi tubuh Anda untuk menciptakan sel kekebalan baru dan segar.

Empat puluh delapan jam tampaknya merupakan durasi minimum untuk melihat manfaat puasa pada sistem kekebalan tubuh, namun mungkin memerlukan sedikit waktu lebih lama untuk efek yang diinginkan. Puasa tiga hari adalah durasi yang cukup untuk melihat beberapa manfaatnya, namun jugatidak terlalu lama karena  kebanyakan orang tidak memerlukan pengawasan profesional untuk melakukannya.

Jika Anda belum pernah melakukan puasa sebelumnya, mulailah dari hal-hal kecil. Melakukan tiga hari puasa penuh tanpa makan bisa menimbulkan stres secara emosional dan mental. jika Anda tidak siap untuk efek sampingnya. Mulailah dengan puasa intermiten, pola makan yang melibatkan siklus puasa dan makan. Cobalah memperpanjang waktu puasa untuk berapa lama di antara waktu makan. Perlahan-lahan tingkatkan waktunya sampai Anda bisa berpuasa hampir sepanjang hari tanpa makan.

Jika Anda mentolerir ini dengan baik dan tidak sedang berada di bawah perawatan profesional atau perawatan kesehatan, Anda dapat mencoba puasa sebagai alternatif. Bila Anda merasa siap, Anda bisa memulai  meningkatkan durasi puasa  untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh lebih jauh lagi.

 

Jika Anda memiliki gangguan kesehatan, sebaiknya konsultasikan dahulu pada dokter Anda.

Semoga bermanfaat!

sumber: https://www.globalhealingcenter.com/natural-health/3-day-fast-resets-immune-system/

Check Also

Mendiagnosa Penyakit Pasien Melalui Wajah

Berikut ini sebuah tulisan Dari Mookil Nam, Seorang Ahli Pengobatan Tradisonal Korea ,dalam bukunya berjudul ...

...