Home / Artikel Kesehatan / Sering Hanya Mengira-Ngira? Inilah Metoda Dan Dosis KUNYIT Untuk Pengobatan Dan Perawatan Kesehatan Yang Perlu Anda Tahu!

Sering Hanya Mengira-Ngira? Inilah Metoda Dan Dosis KUNYIT Untuk Pengobatan Dan Perawatan Kesehatan Yang Perlu Anda Tahu!

Anda sudah banyak mengetahui betapa luar biasanya khasiat Kunyit bagi penyembuhan dan pemeliharaan kesehatan, namun kebingungan untuk menemukan metoda dan dosis yang digunakan? Anda tidak sendiri. Ini adalah salah satu pertanyaan paling banyak yang ditanyakan dari para pembaca kami. Dosis benar-benar tergantung pada tujuan Anda, apakah Anda menggunakan kunyit untuk tujuan memperbaiki masalah kesehatan/ penyakit tertentu atau untuk perawatan kesehatan.

Bagaimana Metoda atau cara terbaik menggunakan Kunyit?

Selalu gunakan kunyit bersama dengan lada hitam segar dan minyak lemak atau minyak non-inflamasi seperti lipofilik (zat larut dalam minyak). Biasanya yang digunakan adalah minyak kelapa. Untuk penyerapan optimal, selalu mengonsumsinya bersama makanan. Minyak non-inflamasi berasal dari buah tanaman dan bukan biji (seperti kenari, zaitun atau kelapa).

Berapa banyak kunyit yang digunakan? Untuk orang dewasa direkomendasi sampai 1,5 g untuk setiap harinya, yang berarti sekitar satu setengah sendok teh yang bisa dibagi dua sampai tiga dosis setiap hari. Dosis terapeutik 2-3 g. Pahamilah bahwa tidak ada dosis paten, ‘dosis’ tersebut tidak dipahami seperti dosis untuk obat-obatan, ini hanya saran.

Tidak disarankan untuk anak kecil dibawah dua tahun. Untuk anak yang di atas usia itu dan bagi manula yang berusia di atas 65 tahun, mulailah dengan dosis rendah. Ada berbagai pendapat mengenai dosis antara ekstrak kurkumin sebagai bahan aktif dan dosis kunyit itu sendiri.

Untuk jumlah tiap dosis lada hitam yang digunakan yaitu secukupnya (kira-kira 1/16 sdt per 3 g kunyit). Ini bukan ilmu roket jadi jangan khawatir tentang ketepatan jumlahnya.

Jika Anda baru saja memulai dengan bubuk kunyit, cobalah 1/4 sdt. dua kali sehari selama beberapa hari sebelum meningkatkan dosis yang disarankan.

Menurut penelitian, piperine, bahan aktif dalam lada hitam akan meningkatkan ketersediaan bio-curcumin secara signifikan hingga 2000% (atau berbeda, tersedia 20 kali lebih banyak dari bio-curcumin yang tersedia). “Piperine meningkatkan konsentrasi serum, tingkat penyerapan dan ketersediaan hayati kurkumin.” Kunyit memiliki ketersediaan bio yang buruk karena metabolisme yang cepat di hati dan dinding usus. Piperine bekerja melalui berbagai mekanisme yang meningkatkan penyerapan nutrisi kunyit secara keseluruhan .

Teh / minuman Kunyit:

Beberapa orang suka meminumnya sebagai teh atau seduhan, tambahkan sedikit minyak kelapa dan lada hitam. Beberapa orang lebih suka menambahkan kunyit ke dalam susu hangat dengan tambahanmadu atau juga pada coklat panas.

Kapsul:

Curcumin (bahan aktif dalam kunyit) tersedia dalam bentuk kapsul. Ini dapat dikonsumsi bagi mereka yang bukan penggemar ramuan herbal (atau rempah-rempah), kurkumin dikemas dalam bentuk bahan aktif yang terkonsentrasi. Tentu penggunaan ekstrak kurkumin ini bukan yang dimaksudkan dalam metoda pengobatan alami atau tradisional yang memahami pentingnya sinergi keseluruhan materi tanaman, baik itu benih, daun, kulit kayu atau akar.
Namun, sebainya pertimbangkan bubuk kunyit organik yang mungkin sangat membantu penggunaan jangka pendek untuk efek terapeutik sebagai terapi dosis yang masif.

Menggunakan Kunyit dalam Makanan:

Ini adalah cara yang bagus untuk menggunakannya, kari mungkin merupakan masakan terbaik tapi tentu Anda tidak mungkin makan kari setiap hari, Anda bisa menambahkan kunyit ke dalam yogurt, sup, sebagai salad dressing dan hidangan lainnya. Tidak ada masalah bagi wanita hamil atau menyusui untuk mengkonsumsi kunyit dalam jumlah normal untuk memasak. Wanita Asia dan India telah melakukannya sejak ribuan tahun.

Lemak /minyak:

Satu sendok teh minyak kelapa (bila minyak sedikit padat Anda bisa menghangatkannya sebentar) ditambahkan 1/4 sendok teh kunyit. Tambahkan lada hitam secukupnya (untuk mendapatkan piperine). Konsumsi di pagi dan di sore hari. Kedua dosis ini akan sama dengan dosis yang dianjurkan 1 g sehari. Tentu saja Anda bisa menggunakan minyak non-inflamasi, namun minyak kelapa adalah favorit.

Banyak orang berpikir lebih banyak jumlah kunyit sekali konsumsi adalah lebih baik. Ini kesalahan besar karena dengan konsumsi kunyit dalam jumlah kecil akan memudahkan tubuh untuk menyerapnya.

Hal-hal yang perlu diperhatikan terhadap dosis terapeutik (bubuk kunyit dan suplemen kurkumin) bagi keadan berikut:

  • Kunyit digunakan untuk menurunkan gula darah dan mungkin bermasalah bagi penderita diabetes yang memakai obat diabetes dan hipoglikemik.
  • Kunyit juga dapat menurunkan tekanan darah dalam dosis tinggi. Jangan mengkonsumsi dengan ramuan herbal yang memiliki efek serupa atau dengan obat kimia seperti antihipertensi yang secara artifisial menurunkan tekanan darah.
  • Kunyit menurunkan LDL (‘kolesterol jahat’) dan meningkatkan HDL (‘kolesterol baik’) dan akan meningkatkan efek obat penurun kolesterol kimia. Penggunaan secara bersamaan, bukan ide bagus. Pertimbangkan pilihan Andai.
  • Kunyit secara terapeutik dapat bertindak sebagai pengencer darah dan tidak dikonsumsi bersamaan dengan pengencer darah kimia seperti warfarin, coumadin, clopidogrel, atau bahkan aspirin, sebaiknya tidak menelan kunyit dalam bentuk apapun lebih dari dosis terendahnya. Dalam penggunaan dan dosis normal, itu setara dengan aspirin atau Ibuprofen dan tidak menjadi masalah.
  • Terapeutik dosis kunyit diambil dengan dosis sedang sampai dosis tinggi Ginko biloboa atau bawang putih, yang semuanya memiliki sifat pengencer darah, tidak boleh dikonsumsi pada saat bersamaan.
  • Jika Anda minum kunyit dalam dosis terapeutik, hentikan 48 jam sebelum operasi (beberapa situs menyarankan 2 minggu … ini tidak perlu).
  • Bisa menyebabkan mual jika diminum saat perut kosong.
  • Jika Anda mengalami masalah dengan penyumbatan saluran empedu, kandung empedu atau batu empedu, hindari dosis kunyit terapeutik karena merangsang hati untuk menghasilkan lebih banyak empedu.
  • Jika Anda rentan terhadap batu ginjal, kurkumin bisa meningkatkan ekskresi kalsium oksalat.
    Tinggi, dosis terapeutik dapat merangsang kontraksi rahim dan aliran menstruasi. Dengan kata lain, jika Anda hamil jangan minum kunyit dalam dosis terapeutik, hanya penggunaan normal saja.
  • Kunyit dalam dosis terapeutik dapat menurunkan gula darah. Ini bukan masalah bagi penderita diabetes yang secara teratur memeriksakan kadar gula mereka dan bisa menyesuaikan insulin atau asupan makanannya.

sumber: http://www.herbs.org/herbnews/2016/03/dosage-and-method-turmeric/

 

Check Also

Diet Telur Rebus – Turun 10 Kg Dalam 2 Minggu!

Anda akan merasa terkejut akan hasilnya! Salah satu masalah kebanyakan orang adalah obesitas atau kegemukan. ...

...