Home / Artikel Kesehatan / Tahukah Anda Jika Minum Minyak Zaitun Bisa Sembuhkan Sakit Kepala

Tahukah Anda Jika Minum Minyak Zaitun Bisa Sembuhkan Sakit Kepala

Virgin Olive Oil,  dan oksidasi kolesterol
hasil kajian modern yang dipublikasikan majalah Aerersclerosis tahun 1995 menegaskan pentingnya mengkonsumsi minyak zaitun virgin olive oil, atau minyak zaitun perasan pertama. Virgin Olive oil , atau minyak zaitun virgin mengandung uric fenol, yang mencegah oksidasi internal pada minyak dan menjaga komposisi tersebut tetap berada pada minyak.
para peneliti juga mendapatkan bahwa minyak zaitun virgin memainkan peranan penting dalam melindungi tubuh dari racun berbahaya terhadap sel sel, seperti peroksida dan sel berbahaya lainnya .
Penjelasan tentang Sel peroksida

Hubungan Enzim Katalase dengan Hidrogen Peroksida (H2O2)

Pengertian Enzim Katalase

Enzim adalah senyawa yang dibentuk oleh sel tubuh organisme. dalam sel enzim ini diproduksi oleh organel badam mikro peroksisok. Kegunaan enzim katalase adalah menguraikan Hidogen Peroksida (H2O2), merupakan senyawa racun dalam tubuh yang terbentuk pada proses pencernaan makanan.
Hidrogen peroksida dengan rumus kimia bila H2O2 ditemukan oleh Louis Jacquea Thenard pada tahuna 1818. Senyawa ini merupakan bahan kimia organik yang memiliki sifat oksidator kuat dan bersifat racun dalam tubuh.
Senyawa peroksida harus segera di uraikan menjadi air (H2O) dan oksigen (O2) yang tidak berbahaya. Enzim katalase mempercepat reaksi penguraian peroksida (H2O2) menjadi air (H2O) dan oksigen (O2). Penguraian peroksida (H2O) ditandai dengan timbulnya gelembung
Bentuk reaksi kimianya adalah:

2H2O2 –> 2H2O + O2

Senyawa H2O2 yang ada dalam tubuh sangat berbahaya.
(Maka enzim katalase menguraikan H2O2 menjadi H2O dan gas O2 yang tidak berbahaya bagi tubuh.)

Kerja enzim dipengaruhi oleh derajat keasaman (pH) dan suhu. Pada pH terlalu asam dan basa, enzim menjadi non aktif, sehingga tidak dapat bekerja. Sedangkan pada saat dididihkan, suhu menjadi tinggi sehingga enzim menjadi rusak (denaturasi). Hal ini menyebabkan enzim katalse tidakdapat menguraikan H2O2 menjadi H2O dan O2. Penambahan asam, basa, maupun pemanasan yang ekstrim dapat merusak enzim. Hati yang berfungsi sebagai penawar racun menunjukkan gelembung yang lebih banyak karena terdapat lebih banyak enzim katalase untuk menguraikan Hidrogen Peroksida yang bersifat racun.

Jika Anda mengalami sakit kepala dan tidak memiloiki aspirin atau ibuprofen, mengapa tidak mencoba sedikit minyak zaitun virgin?
Tim peneliti Kimia Amerika telah mengintisarikan bahwa minyak zaitun mengandung komposisi yang menyerupai ramuan ibuprofen. Tim ini menamakan ramuan dengan minyak zaitun ini dengan oleochanthal. Dalam makalah yang dipublikasikan dalam buletin ilmiah, peneliti menjelaskan bahwa meski mengandung susunan kimiawi yang berbeda,sebuah materi memiliki pengaruh yang mirip dengan ibuprofen.
dalam buletin itu dijelaskan bahwa mengkonsumsi oleochanthal dalam jangka waktu lama akan  membantu melindungi tubuh darai sebagaian penyakit melalui mekanisme kerja yang mirip dengan obat ibuprofen. Akhirnya peneliti sampai pada kesimpulan bahwa dosis 50gr minyak zaitun perhari setara dengan 10% dosis ramuan ibuprofen yang diresepkan oleh para dokter untuk menenangkan rasa sakit pada orang dewasa.

sumber :
Buku Kedokteran Nabi , Prof dr said hammad , hal 190
http://wmakhlukbio.blogspot.co.*d/2011/10/hubungan-enzim-katalase-dengan-hidrogen.html

Check Also

Diet Telur Rebus – Turun 10 Kg Dalam 2 Minggu!

Anda akan merasa terkejut akan hasilnya! Salah satu masalah kebanyakan orang adalah obesitas atau kegemukan. ...

...