Home / Artikel Kesehatan / Tahukah Anda Ternyata Madu Obat Insomnia Yang Ampuh

Tahukah Anda Ternyata Madu Obat Insomnia Yang Ampuh

Madu sebagai Obat Alami Atasi Gangguan Insomnia

Tahukah Anda bahwa Anda bisa menemukan penyembuhan insomnia hanya dari dalam dapur di rumah ?

Para ilmuwan menyarankan agar tidur dapat diinduksi dengan mengkonsumsi makanan yang kaya nutrisi yang disebut tryptophan, serta makanan yang berkontribusi terhadap produksi alami triptofan dan serotonin, hormon yang mempromosikan relaksasi dengan menandakan otak ‘inilah waktunya untuk tidur’.

Madu dikatakan mengandung zat yang menginduksi triptofan asam amino yang berguna untuk mengatasi insomnia. Jadi, untuk memudahkan tidur, beberapa orang sudah menanamkan kebiasaan mencampur satu sendok teh madu ke dalam segelas teh herbal atau susu hangat sebelum tidur. Dan untuk anak-anak yang memiliki masalah sering ngompol, minum satu sendok teh madu sebelum tidur diyakini bermanfaat karena madu membantu penyimpanan air, dan mendorong relaksasi tubuh.

Herbal madu tidak seperti gula olahan, makan madu hanya menaikkan kadar gula darah. Kenaikan insulin yang terkontrol menyebabkan triptofan memasuki otak kita dan diubah menjadi serotonin. Dan dalam kegelapan, serotonin diubah menjadi melatonin, obat terkenal untuk gangguan tidur.

Diet Hibernasi juga menganjurkan konsumsi satu atau dua sendok makan madu di malam hari untuk meningkatkan kualitas tidur. Tubuh kita menyimpan energi siap pakai sebagai glikogen di hati. Bila hati kehabisan glikogen pada malam hari, otak kita mulai memicu hormon stres seperti kortisol dan adrenalin untuk mengubah otot protein menjadi glukosa. Tekanan metabolik jangka panjang akibat produksi kortisol sebagai hasil dari toko glikogen hati yang tidak memadai menyebabkan resistensi insulin, diabetes, dan risiko obesitas, penyakit kardiovaskular. Baik tidur berkualitas rendah maupun buruk dan tidur yang lama (yaitu bangun terlambat) menghasilkan respons metabolik yang serupa saat otak berusaha memastikan glikogen yang cukup untuk memenuhi kebutuhan energi.

Madu alami murni diyakini sebagai makanan terbaik untuk penyimpanan glikogen karena mengandung rasio 1: 1 ideal fruktosa terhadap glukosa. Ketika dibawa sebelum tidur, ia mampu menyediakan penyimpanan glikogen yang cukup untuk pengisian bahan bakar hati yang diperlukan, mengurangi hormon stres dan membantu kita tidur nyenyak di malam hari.

Dalam buku “Revolusi Madu” oleh Dr Ron Fessenden, dijelaskan lebih lanjut bahwa tidur restoratif sangat penting untuk memori, peningkatan kognitif, dan juga semua fungsi reparatif yang diperlukan untuk otot, tulang dan jaringan lainnya. Dan madu adalah bahan bakar optimal bagi otak untuk menopang tidur restoratif sambil mencegah stres metabolik di malam hari.

sumber
http://www.benefits-of-honey.**m/insomnia-cure.html

Check Also

Cara Membuat Jus Semangka Untuk Obati Asam Urat

Bagaimana cara membuat jus buah semangka (obati Asam urat) ? Imam Ibnul Qayyim menegaskan bahwasanya ...

...