Home / Artikel Kesehatan / Tindik Hidung Biar Cantik? Ini 6 Fakta Tentang Tindik Hidung Yang Perlu Anda Pertimbangkan!

Tindik Hidung Biar Cantik? Ini 6 Fakta Tentang Tindik Hidung Yang Perlu Anda Pertimbangkan!

Apakah Anda punya ingin menindik pada bagian hidung Anda? Entah itu memasangkan anting-anting pada bagian septum hidung atau hanya memasang permata kecil pada cuping hidung. Bagi sebagian orang tindik hidung memang tampak unik dan menarik, tapi banyak pula yang beranggapan itu jorok dan mengerikan.

Terlepas dari kedua pendapat di atas, jika Anda ingin menindik hidung sebaiknya Anda perlu tahu  6 fakta tentang tindik hidung.

1. Tindik Hidung  berasal dari India

Budaya tindik hidung diperkenalkan pada abad ke-16 dari Timur Tengah oleh kaisar Moghul. Tindik secara merupakan tradisi yang dimaksudkan untuk menghormati datangnya usia dewasa, atau menyambut pernikahan. Tradisi ini berlanjut ke bagian lain di Asia dan tiba di Eropa ke Inggris pada tahun 80an melalui budaya punk.

Rasanya Penting juga untuk Anda mengetahui budaya tindik ini sebelum Anda mendapatkannya, bukan?

2. Ya, setelah ditindik itu sakit!

Seperti yang dikira banyak orang, mendapatkan tusukan logam tajam di wajah akan mendatangkan rasa sakit. Pertama kali ditindik mungkin akan terasa seperti disengat dan mungkin Anda akan sedikit mengeluarkan air mata. Tapi tidak semua proses tindik mengakibatkan rasa sakit.

3. Keloid merupakan salah satu komplikasi yang terjadi pad tindik hidung, ini adalah penyakit kulit yang terjadi akibat pertumbuhan jaringan luka yang tidak normal atau berlebih setelah sembuhnya cedera atau luka yang dalam. Kadang didapati warna keloid sama dengan kulit penderitanya, tapi bisa juga lebih merah atau gelap.

4.Tindik cuping hidung (nostril)

Umumnya orang memilih untuk menindik salah satu cuping hidungnya. Tapi tak jarang juga yang menindik keduanya. Di negara India, lebih banyak orang memilih untuk menindik cuping hidung sebelah kiri. Ini mungkin dikaitkan dengan pengobatan Ayurveda, yang mengatakan cuping hidung sebelah kiri dianggap berhubungan dengan organ reproduksi wanita. Orang India percaya jika menindik hidung di area itu dapat mempermudah persalinan. Untuk kesembuhan rata-rata tindik cuping hidung membutuhkan waktu 2-4 bulan.

5. Tindik dinding hidung (septum)

Septum adalah dinding pemisah yang posisinya di tengah-tengah hidung, septum memisahkan dua rongga atau lubang hidung. Septum ini terbentuk  dari tulang, tulang rawan, dan membran. Biasanya pada proses penindikan bukan tulang rawan yang ditindik melainkan celah kecil antara tulang rawan dan bagian bawah hidung. Tindik hidung di bagian septum dapat pulih dan sembuh dalam waktu 6-12 minggu, ini tentunya tergantung pada masing-masing orang.

6. Tindik hidung bagian atas

Tindik hidung yang satu ini jarang dilakukan, biasanya tindik hidung jenis ini dikerjakan dengan cara menusuk jarum pada kulit di bagian atas hidung, tepatnya di antara kedua mata.

 

Check Also

Cara Membuat Jus Semangka Untuk Obati Asam Urat

Bagaimana cara membuat jus buah semangka (obati Asam urat) ? Imam Ibnul Qayyim menegaskan bahwasanya ...

...