Home / Resep Ramuan Herbal / Manfaat Minyak Zaitun Dalam Kitab Kitab Para Ulama

Manfaat Minyak Zaitun Dalam Kitab Kitab Para Ulama

Al baghdadi menuturkan, “berminyak dengan minyak zaitun akan menguatkan rambut dan organ tubuh serta memperlambat uban.
Meminum minyak zaitun akan menangkal racun, mendinginkan perut, menenangkan rasa sakit. Zaitun juga mampu mengeluarkan cacing, Semua minyak dapat melemahkan lambung dan usus, KECUALI minyak zaitun”

Kutipan Muwafiquddin Al Baghdadi dalam kitab At-Thibb min al kitab wa As sunnah
Abu Bakar Ar Razi dalam kitab Ar -Rai
Abu bakar Ar-Razi menggambarkan berbagai manfaat minyak zaitun, ” Dapat mendinginkan perut dan jiwa, menghilangkan gangguan lemak dalam makanan, serta memperkuat lambung, sedangkan minyak zaitunnya sendiri mempunyai manfaat lebih dari itu’.

Ibnul qayyim dalam kitab At thibb An Nabawi
Ibnul qayyim Al jauziyah menuturkan bahwa ” Minyak Zaitun Adalah  minyak yang panas dan basah. Minyak yang dihasilkan tergantung dari pohon zaitun itu sendiri. Minyak diperas dari buah yang sudah matang. Akan lebih berkualitas. Sementara buah yang masih mentah bersifat dingin dan kering. Untuk zaitun merah menghasilkan minyak yang jenisnya berada diantar kedua jenis tersebut.
Ibnul qayyim Al jauzi menuturkan bahwa semua jenisnya jsangat bagus untuk menghaluskan kulit  dan memperlambat tumbuhnya uban, air zaitun asin dapat mencegah terbakarnya kulit dan memperkuat gusi. daun zaitun juga bermanfaat untuk mengobati penyakit kulit  (humrah) , luka bernanah dan infeksi serta mencegah keringat.
Ibnu Sina Dalam Kitab Al Qanun Fi At-Thibb
Dalam kitabnya , Ibnu sina mengemukakan zaitun dengan gaya singkat dan padat. Ia mengatakan , ” Zaitun adalah pohon yang agung . Ia tumbuh dibeberapa negara, dari zaitun mentah terkadang menjadi minyak zaitun ataupun zaitun  Mudrak. Zaitun Anfaq adalah zaitun yang dihasilkan dari zaitun mentah”.

Adz -Dzahabi dalam kitab At Thibb an Nabawi
Adz -Dzahabi menyebutkan dalam At Thibb an Nabawi, dari Uqbah Bin Amir ” hendaklah kalian memakai minyak zaitun . dan berminyaklah dengan minyak zaitun. Sebab , Minyak zaitun sangat bermanfaat  menghilangkan wasir’
(Diriwayatkan Ibnul Jauzi)
Dalam satu riwayat disebutkan ” Barng siapa berminyak dengan minyak dengan zaitun , ia tidak didekati setan’. Rasullullah pernah meniup minyak zaitun  pada penderita radang selaput dada (pleuropnomeunia)

sumber ;buku Kedokteran nabi Prof Said Hammad halaman 175

Check Also

Buat Sendiri Fermentasi Bawang, Bagus Untuk Pencernaan, Menurunkan Berat Badan Dan Anti Kanker

Fermentasi telah dipraktekkan pada banyak kebudayaan masyarakat selama berabad-abad lamanya. Proses secara turun temurun diwariskan, ...

...