Home / Artikel Kesehatan / Mentahnik Bayi dan Manfaatnya dalam Perspektif Ilmu Kedokteran dan Fitrah Islam

Mentahnik Bayi dan Manfaatnya dalam Perspektif Ilmu Kedokteran dan Fitrah Islam

Mentahnik Bayi dan Manfaatnya dalam Perspektif Ilmu Kedokteran dan Fitrah Islam

imam Bukhari meriwayatkan dalam Kitab Al-Aqiqah, diriwayatkan dari Abu Musa azab, ia berkata:

“Aku dikaruniai seorang anak, kemudian aku membawanya menghadap Nabi SAW, beliau memberinya nama Ibrahim. Lalu beliau mentahniknya dengan kurma dan mendoakan serta memintakan berkah untuknya. Setelah itu beliau menyerahkannya kepadaku. ”

Mentahnik adalah melumurkan buah kurma ke dalam mulut bayi yaitu di bagian langit-langit mulut bayi, dimana sebelumnya kurma yang dilumurkan terlebih dahulu di lumat. Para ahli bahasa mengatakan bahwa tahnik ialah mengunyah kurma lalu menggosokan kurma tersebut ke langit-langit mulut bayi. Tujuannya adalah agar bayi bisa terlatih untuk mengunyah dan membantu menguatkan bayi untuk makan

Mentahnik bayi adalah perkara yang menakjubkan karena terdapat manfaat yang besar menurut ilmu kedokteran. Telah ditetapkan bahwa kurma mengandung unsur-unsur utama yang dapat mencegah anak dari beberapa penyakit dan menguatkan daya imunitasnya, yang diperoleh dari Allah.

Selain itu, air liur orang tuanya sebagai sarana mengikatkan hati si bayi dengan cinta mereka dan berjalan sesuai fitrah mereka yang islami dan bersih. Selanjutnya, anak akan tumbuh dan berkembang secara saleh dan suci. Anak tersebut selamanya mengonsumsi manisnya iman sebagaimana manisnya kurma yang bercampur dengan air liur orang tuanya yang lembut dengan lantunan zikir kepada Allah.

Tahnik juga bermakna kasih sayang kebapakan terhadap bayinya. KelHarga-keluarga muslim ini selamanya dalam keharmonisan dan

Cinta. Mahasuci Allah dengan hikmah-Nya dalam syariat-Nya. Tidak

ada Yang mengetahui kesempurnaannya selain Dia.

 

Tahnik dapat berfungsi sebagaimana vaksinasi yang dapat menjaga dan melindungi bayi selama hidup, seperti vaksinasi polio, difteri (penyakit tenggorokan) dan campak.

sumber : Kedokteran Nabi  karya Prof Dr Said hammad halaman 248

Check Also

Daun Inggu Ternyata Bisa Untuk Penyakit Gangguan JIN

MANFAAT DAUN INGGU UNTUK PENYAKIT GANGGUAN JIN. بسم الله الرحمن الرحيم الحمد لله رب العالمين ...

...