Home / Artikel Kesehatan / Penyebab Lingkaran Hitam Dibawah Mata , Cek Dua Organ Tubuh Ini

Penyebab Lingkaran Hitam Dibawah Mata , Cek Dua Organ Tubuh Ini

Letih dengan pekeriaan yang berlebihan atau bekerja hingga larut malam akan membuat mata meniadi sayu dan tampak lingkaran hitam di bawah mata.
Lingkaran hitam ini . pertanda bahwa di dalam tubuh ada bagian yang tidak sehat. Kemampuan tubuh yang paling besar adalah mempercepat metabolisme pasokan gizi dan menyingkirkan sisa buangan tubuh agar warna darah lebih cerah. Metabolisme yang tidak lancar akan menimbulkan lingkar hitam. lni adalah sinyal bahwa hati dan lambung kelelahan.

Bila hati dan lambung lemah akan muncul lingkaran hitam di bawah mata

Dalam Principle and Practice of ,Eastern Medicine disebutkan, bila warna lingkaran tampak ielas, pertanda pencernaan tidak lancar karena empedu dan hati tidak dapat menyaring racun sehingga kaki dan tangan terasa dingin Akibatnya, akan terserang masalah pencernaan, sakit kepala, Sakit pinggang, dan sakit sendi. Bila kantung mata agak tebal, akan membuat seseorang terlihat lebih muda ”daripada usia aslinya dan memiliki daya tarik , namun pada ilmu Frenologi orang yang mempunyai bentuk seperti ini dikatakan sering bimbang dan banyak mengalami hambatan dalam hidupnya.
Para ahli dan berbagai penelitian telah menemukan bahwa lingkaran hitam di sekitar mata merupakan gejala adanya penyakit anemia, hati dan tanda dehidrasi.

Penguraian sel darah merah oleh enzim inilah yang meninggalkan bekas hitam dan biru pada kulit. Alasan mengapa hal ini begitu terlihat adalah karena kulit di sekitar mata merupakan kulit yang paling tipis.

1. Pertanda anemia
Kekurangan zat besi adalah salah satu penyebab paling umum dari munculnya lingkaran hitam. Kadar zat besi yang rendah rendah dalam tubuh merupakan penyebab paling umum dari anemia. Dengan demikian, lakukanlah diet seimbang yang kaya sayuran berdaun hijau, produk susu dan semua jenis buah-buahan untuk menjaga tubuh Anda tetap sehat.

2. Dehidrasi
Dehidrasi adalah alasan lainnya yang menyebabkan lingkaran hitam di bawah mata. Ketika tubuh tidak memiliki jumlah air yang tepat, gejala sering terlihat di daerah tertentu, termasuk di sekitar mata. Oleh karena itu disarankan untuk mengonsumsi setidaknya 8-10 gelas air dan termasuk buah segar setiap hari.

Anda juga dianjurkan untuk membatasi asupan minuman berkafein seperti teh, kopi, alkohol dan minuman berkafein lainnya seperti karena itu akan memperparah dehidrasi.

3. Gejala adanya penyakit hati
Lingkaran hitam juga menunjukkan disfungsi hati karena berbagai penyakit hati. Salah satu contoh dari penyakit hati adalah hepatitis.

4. Kekurangan gizi
Lingkaran gelap di sekitar mata dapat disebabkan oleh gizi buruk. Diet sehat dan bergizi dengan mengonsumsi vitamin seperti A, C, K, E dan nutrisi dapat membantu untuk menyingkirkan lingkaran hitam.

5. Alergi
Setiap kondisi yang menyebabkan mata gatal dapat menjadi pencetus warna gelap di daerah sekitar mata. Hal ini dipengaruhi oleh tindakan karena menggosok atau menggaruk kulit di sekitar mata.

Selain itu, beberapa alergi makanan juga dapat menyebabkan daerah bawah mata terlihat lebih gelap. Bahkan, lingkaran hitam pada anak-anak sering menunjukkan masalah alergi.

sumber : Kenali kesehatan dengan Bercermin,  oleh Mookil Nam

Check Also

Terapi Penyakit Kandung Kemih Dengan Madu

Sebuah penelitian dipublikasikan oleh koran Al-Ahram, tanggal 22 Oktober 1985: Salah satu penelitian untuk menguji ...

...