Home / Artikel Kesehatan / Pisang Obat Saluran Pencernaan Dan Insomnia

Pisang Obat Saluran Pencernaan Dan Insomnia

Dalam Buah Pisang yang masak mengandung serotonin yang merupakan substansi kimia yang bermanfaat menekan sekresi berlebih asam lambung (asam hidroklorat) di lambung. Sehingga  proses peradangan didalamnya, yaitu radang lambung, luka lambung dan sebagainya dapat ditekan . Buah pisang dapat diberikan bersama susu, asam dinetralkan dengan susu dan sekresi asam lambung dicegah dengan aksi serotonin.

Pektin yang terdapat di dalam pisang juga berfungsi sebagai penghalang mekanis dengan menyelimuti permukaan lambung yang meradang, sedangkan vitamin C pada pisang membantu memercepat pemulihan lambung.

Pektin pada pisang juga mencegat penyerapan racun yang  diproduksi oleh organisme patogen dengan melapisi permukaan saluran pencernaan lambung-usus. Pisang mampu memberikan perlindungan terhadap luka yang diproduksi oleh situasi stres… Karena itu, disarankan pisang seharusnya dikonsumsi rutin selama penggunaan obat-obatan, seperti, aspirin, salisilat phenilbutazon, dan sebagainya. Hal ini dikarenakan pisang mencegah perdarahan internal yang disebabkan oleh penggunaan berlebih obat-obatan jenis ini. Pisang adalah obat penyakit lambung yang diakibatkan kekurangan kandungan zat besi dan asam folat selama hamil.

Menetralisasi Bahaya Pisang

Konsumsi pisang bisa menyebabkan masalah lendir atau dahak. Oleh karena itu, pisang tidak cocok untuk penderita asma, bronkitis, TBC, dan masalah saluran napas lainnya. Pisang juga diketahui menyebabkan reaksi alergi pada orang yang sensitif. Namun, pada orang yang normal konsumsi buah pisang dengan madu berfringsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh jika terkena TBC.

Bagi penderita bronkitis kronis, mengonsumsi dua buah cengkeh dan lima butir lada pada malam hari setelah konsumsi pisang bisa efektif untuk penyakit tersebut Kapulaga juga efektif menetralisasi efek buruk pisang. Mengonsumsi Pisang dengan  segelas susu setiap malam juga berguna untuk sembelit, Wasir  berdarah , sariawan ,kolik dan insomnia. Untuk insomnia waktu yang tepat makan pisang adalah satu jam sebelum tidur

Kandungan melatonin pada pisang dapat membantu memperbaiki kualitas tidur Anda, sehingga dengan makan pisang 1 jam sebelum tidur, maka tidur nyenyak bisa Anda dapatkan

Sumber :  Keajaiban Resep Obat Nabi. Joko Rinanto

Check Also

Terapi Penyakit Kandung Kemih Dengan Madu

Sebuah penelitian dipublikasikan oleh koran Al-Ahram, tanggal 22 Oktober 1985: Salah satu penelitian untuk menguji ...

...