Home / Artikel Kesehatan / 5 Gejala Tersembunyi Serangan Jantung Yang Wajib Diketahui Setiap Wanita

5 Gejala Tersembunyi Serangan Jantung Yang Wajib Diketahui Setiap Wanita

Wanita memiliki peluang lebih besar meninggal akibat serangan jantung sebagaimana yang terjadi pada pria. Orang berpikir bahwa penyakit jantung adalah masalah kesehatan pria, ini tak seluruhnya benar karena menurut data satistik penyakit jantung justru ancaman terbesar bagi wanita. Ini disebabkan karena rendahnya kewaspadaan wanita terhadap ancaman penyakit jantung ini.

Serangan jantung adalah kerusakan yang erjadi di area jantung akibat kekurangan suplai oksigen. Hal ini sering kali disebabkan oleh plak yang terdapat pada arteri koroner. Plak yang merupakan substansi lemak ini menyumbat pembuluh darah sehingga darah kesulitan untuk membawa nutrisi dan oksigen ke jantung.

Berikut adalah gejala dini serangan jantung yang sering diabaikan terutama pada wanita.

1. Kelelahan yang berlebihan

Berhati-hatilah jika Anda sering mengalami kelelahan tiba-tiba. Jika Anda merasakan berat di dada yang diiringi dengan kelelahan ini dapat merupakan gejala awal serangan jantung.

2. Nafas Pendek-pendek dan berkeringat

Jika Anda merasa kesulitan bernafas seperti tersengal-sengal dan juga berkeringat, dan keadaan ini semakin buruk saat Anda selesai berlatih atau bekerja keras, Anda mesti waspada! Jika keadaan ini diiringi dengan nyeri dada atau gejala lainnya, sebaiknya Anda segera menemui dokter!

3. Nyeri Dada dan area lainnya

Rasa sakit sebenarnya adalah peringatan dari tubuh bahwa sesuatu yang buruk sedang terjadi pada tubuh Anda. Rasa sakit pada area tertentu tidak selalu berhubungan langsung dengan penyebab sesungguhnya. Sakit punggung, nyeri rahang, atau rasa nyeri pada sebelah lengan dapat menjadi tanda serangan jantung.

4. Bersendawa atau Nyeri Ulu Hati

Adalah biasa bila Anda merasakan nyeri di ulu hati setelah menyantap beberapa potong pizza atau minum secangkir kopi. Namun demikian, jika sebelumnya Anda tak pernah mengalami hal ini, sebaiknya Anda konsultasi dengan dokter, karena dalam beberapa kasus ini bisa disebabkan kurangnya aliran darah pada jantung.

5. Sakit Perut

Beberapa kasus serangan jantung, tanda-tanda yang ditunjukkan dapat berupa perasaan mual, mulut kering dan gangguan pada lambung, dan ini lebih sering terjadi pada wanita.

Gejala lain yang kerap muncul antara lain:

– Merasa tertindih atau diremas-remas pada bagian dada.
– Nyeri pada leher, lengan, rahang atau pada punggung, yang dapat terjadi ringan sampai parah.
– Rasa tertekan pada perut atau rasa nyeri
– Mulut kering
– Nafas tersengal-sengal atau sakit kepala

Untuk mencegah penyakit jantung sebaiknya Anda memiliki gaya hidup yang sehat. hindari stress dengan lebih banyak beribadah, rutin berolahraga, mengatur pola makan, juga makan makanan halal dan bernutrisi sehat. Perawatan kesehatan menggunakan herbal juga dapat mencegah terjadinya penyakit ini dan penyakit lainnya, rutinlah mengonsumsi madu, habbatussauda’ dan minyak zaitun.

Semoga bermanfaat!

Check Also

Terapi Penyakit Kandung Kemih Dengan Madu

Sebuah penelitian dipublikasikan oleh koran Al-Ahram, tanggal 22 Oktober 1985: Salah satu penelitian untuk menguji ...

...