Home / Artikel Kesehatan / 9 GEJALA GULA DARAH ANDA TERLALU TINGGI

9 GEJALA GULA DARAH ANDA TERLALU TINGGI

Pernahkah Anda merasa ada sesuatu yang tidak beres dengan tubuh Anda, tapi Anda tidak yakin apa yang menjadi peyebabnya? Bila ada sesuatu yang tidak beres dengan tubuh kita, tubuh sering kali mengalami beberapa gejala. Gejala adalah cara tubuh untuk memberi tahu kita bahwa ada masalah mendasar dalam tubuh kita.

Gejala yang dapat dilihat berupa penglihatan kabur, penyembuhan luka yang lambat dan kelaparan konstan tampaknya tidak saling terkait. Tapi jika Anda menggabungkan mereka, Anda mungkin bisa menemukan apa yang sebenarnya sedang terjadi. Ya, ini semua adalah gejala gula darah yang terlalu tinggi.

Darah dalam tubuh manusia secara alami mengandung gula dalam bentuk glukosa. Jumlah gula darah yang tepat akan memberikan energi pada sel dan organ tubuh. Agar kadar gula darah tetap pada taraf yang sehat, tubuh butuh insulin. Insulin adalah hormon yang mengeluarkan gula darah dan membawanya untuk disimpan ke sel tubuh.

Pada orang dengan diabetes tipe 1, sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel di pankreas yang memproduksi insulin. Pada mereka yang menderita diabetes tipe 2, tubuh memproduksi insulin namun tidak dapat menggunakannya dengan benar.

Apa Penyebab Gula Darah yang terlalu Tinggi?

Bila Anda sakit atau stres, tubuh Anda secara otomatis akan memproduksi hormon untuk mengatasi penyakit dan stres. Namun ironisnya , hal ini bisa berakhir dengan memicu gula darah tinggi. Penyebab gula darah tinggi lainnya adalah:

Tidak cukup insulin atau obat diabetes oral

Terlalu banyak konsumsi makanan atau minuman berkarbohidrat

Minim aktivitas atau olahraga

Penyakit atau infeksi

Cedera atau operasi

Obat tertentu

Gejala Diabetes

Bila kadar gula darah di dalam tubuh terlalu tinggi, kondisi ini akan menciptakan masalah. Seiring waktu, pembuluh darah menjadi rusak, yang bisa mengakibatkan banyak komplikasi. Gula darah tinggi akhirnya bisa menyebabkan serangan jantung atau stroke, penyakit ginjal atau gagal ginjal dan kerusakan mata atau kehilangan penglihatan.

Kondisi ini juga dapat menciptakan masalah saraf di kulit, yang menyebabkan luka dan infeksi. Dengan mengenali gejala gula darah yang tinggi secara dini dan tepat dapat membantu Anda mengetahui lebih awal dan mencegahnya dari mengakibatkan  kerusakan permanen pada organ tubuh Anda yang penting.

1. Mati rasa, Kebas, atau kesemutan
Gula darah yang terlalu tinggi dapat mengakibatkan gejala seperti rasa terbakar, kesemutan dan mati rasa pada kaki dan tangan. Ini disebabkan oleh kondisi Diabetic neurophaty yang merupakan komplikasi dari penyakit diabetes.

2. Kelaparan konstan
Jumlah gula darah yang tidak tepat untuk memberi energi tubuh Anda mungkin menyebabkan Anda selalu menginginkan makanan, karena tubuh Anda mencari sumber energi alternatif.

3. Sering buang air kecil
Gula darah yang tinggi dalam darah akan berakhir di ginjal dan urin, yang menarik lebih banyak air lagi. Hal ini dapat menyebabkan orang sering buang air kecil.

4. Meningkatnya rasa Haus
Seiring dengan sering buang air kecil, gula di ginjal dan urine bisa menyebabkan rasa haus meningkat.

5. Penambahan atau Pengurangan Berat Badan yang tidak dapat dijelaskan
Bila sel tubuh tidak mendapatkan glukosa yang mereka butuhkan, tubuh membakar otot dan lemak untuk energi. Hal ini dapat menyebabkan penurunan berat badan yang tiba-tiba atau tidak dapat dijelaskan. Hal yang sama juga bisa dikatakan penambahan berat badan, sayangnya. Jadi bagus untuk mengawasi semua jenis fluktuasi berat badan yang parah.

6. Kelelahan
Bila sel tubuh tidak mampu mengakses gula darah untuk dijadikan energi, seseorang bisa akhirnya merasa terus-menerus lelah.

7. Kesulitan Konsentrat
Bila tubuh Anda tidak seimbang, pikiran Anda juga akan menderita. Gula darah tinggi bisa menyebabkan kesulitan berkonsentrasi dan bermasalah dengan daya ingat.

8. Slow Healing atau lambatnya penyembuhan
Gula darah tinggi bisa menyebabkan kerusakan saraf. Jika Anda memperhatikan luka di tubuh Anda sembuh dengan sangat lambat, mungkin ada baiknya Anda memeriksakan gula darah Anda.

9. Pusing atau penglihatan yang kabur
Pusing dan penglihatan kabur, apalagi jika terjadi secara tiba-tiba, jangan pernah megabaikan gejala ini! Gula darah tinggi bisa menjadi penyebab utama kedua gejala ini.

 

sumber: http://evolutionliving.info

Check Also

Mendiagnosa Penyakit Pasien Melalui Wajah

Berikut ini sebuah tulisan Dari Mookil Nam, Seorang Ahli Pengobatan Tradisonal Korea ,dalam bukunya berjudul ...

...