Home / Tehnik Pengobatan / Ruqyah Syariyah / Air Jamur (Kam’ah ) Untuk Pengobatan Penyakit Mata

Air Jamur (Kam’ah ) Untuk Pengobatan Penyakit Mata

Salah satu obat  mata yang dianjurkan nabi SAW adalah dengan air jamur .
Kaum muslim dahulu biasa menggunakan air jamur untuk mengobati mata dan ternyata penyakitnya bisa sembuh. Telah dibuktikan pula bahwa jika air jamur diracik dengan antimony (i’tsmi’d), kemudian digunakan untuk bercelak, maka hal itu akan menguatkan kelopak mata dan mempertajam penglihatan.

Menurut satu keterangan, air jamur tidak bisa langsung dijadikan obat setelah dikeluarkan dari sel-selnya. Ia harus terlebih dahulu direbus dalam air atau airnya dicampur dengan bahan lain, seperti dengan antimony sebagaimana disebutkan di atas.

‘Ali Ibnu Al-Jahm menceritakan bahwa ia pernah dipanggil Al-Mutawakkil, lalu berkata kepadanya: “Engkau telah banyak menggunakan obat untuk mengobati mataku, namun tidak memberikan pengaruh apa-apa selain menimbulkan radang mata (ophthalmz’a). Bertanyalah kepada para ulama apakah mereka mengetahui ada Hadits yang berkaitan dengan hal ini. ”

Aku (‘Ali Ibnu Al-Jahm) pun menemui Ahmad bin Hanbal dan menanyakan hal itu, dan ia berkata: “Syahr bin Hausyab telah meriwayatkan kepada kami dari “Abdur Rahman bin Ghanm, dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah bersabda:

“Jamur termasuk jenis makanan manna dan airnya dapat mengobati penyakit mata”

Selanjutnya, aku kembali kepada Al-Mutawakkil dan menyampaikan Hadits tersebut kepadanya Ia berkata: ‘Panggillah dokter pribadiku ke sini ’Dokternya adalah seorang KriSten bernama Yohana Ibnu Masawaih Aku pun memanggilnya. Al-Mutawakkil bertanya kepadanya: “Bagaimanakah cara mengeluarkan air jamur?, Yohana menjawab: “Aku akan mengeluarkan airnya. Ia pun mengambil jamur dan mengupas kulitnya, kemudian merebusnya sampai matang. Setelah itu jamur tersebut dibelah dan dia keluarkan airnya. Selanjutnya, ia mencelakkannya pada mata Al-Mutawakkil yang sakit dan akhirnya matanya sembuh pada pengobatan kedua. Yohana sangat kagum akan hal itu, lalu berkata: ”Aku bersaksi bahwa teman kalian adalah orang yang bijak.’

Adapun tentang sabda Nabi SAW:-yang menyebutkan bahwa jamur termasuk manna, telah dibuktikan melalui percobaan ilmiah, bahwa di dalamnya terkandung protein sekitar 9%, zat tepung ”dan zat gula 13O o, lemak 1%, asam amino, fosfor, potasium, sodium, dan kalsium, yang semuanya merupakan bahan-bahan yang sangat berguna bagi tubuh.

Air jamur termasuk objek penelitian yang terus dikembangkan oleh para dokter, dengan tujuan mengetahui unsur unsur medis yang terdapat di dalamnya.

sumber :  buku berobat dengan Al quran karya abd Munim Qhindil  183

Check Also

SALAH SATU KUNCI KESEMBUHAN DALAM TERAPI RUQYAH ADA PADA DIRI ANDA.

Keberhasilan terapi ruqyah itu : □ Tidak cukup hanya berhasil bikin pasien reaksi atau jin ...

...