Home / Artikel Kesehatan / Berpuasa Dan Diet Pisang Bermanfaat Bersihkan Usus

Berpuasa Dan Diet Pisang Bermanfaat Bersihkan Usus

Air dan buah merupakan makanan terbaik bagi Anda ketika bangun tidur pada pagi hari. Keduanya cukup memadai untuk menjadi menu makan pagi. Meskipun banyak orang menyarankan untuk makan pagi secara teratur, sebenarnya tidak ada keharusan untuk memakan makanan olahan (yang telah dimasak) pada pagi hari.

Beberapa orang yang melakukan puasa pagi hari akan merasa sangat lapar; bergantung pada kondisi tubuh pada hari tersebut. Meskipun bukanlah sesuatu yang buruk, rasa lapar dapat menimbulkan stres pada orang-orang yang belum terbiasa. Saya menyarankan untuk mencoba memakan buah-buahan sedikit demi sedikit ketika Anda merasa lapar. Mizalnya, memakan pisang dan apel karena keduanya cukup mengenyangkan, atau dengan membuatnya menjadijus mentah sehingga perut Anda akan terasa kenyang meskipun Anda tidak makan roti ataupun nasi, Anda dapat menghilangkan racun-racun di dalam usus dengan mengatur tingkat konsumsi makanan tanpa harus mengubah kebiasaan sehari-hari secara total.

Cara sehat dengan “diet pisang” pernah populer pada masa lalu. Sebagai salah satu jenis buah-buahan, pisang sangat baik untuk dikon-t sumsk Namun, orang-orang sering berpikir secara sederhana bahwa memakan pisang dapat melangsingkan tubuh. Saya tahu bahwa tubuh langsing adalah dambaan setiap wanita, tetapi diet yang dapat melangsingkan sekaligus membersihkan usus adalah bohong belaka. Sebaiknya. Anda lebih memercayai perubahan yang dapat Anda rasakan, misalnya badan yang terasa segar ketika bangun tidur pada pagi hari, buang air besar dengan lancar pada pagi hari, atau menjalani hari dengan sehat daripada memikirkan angka, seperti “Sudah turun berapa kilo, ya?”, dan semacamnya. Dengan demikian, lemak tubuh Anda akan berkurang sehingga kecantikan dan usus yang sehat akan lebih mudah Anda dapatkan.

Bagaimanapun perasaan Anda ketika mencoba untuk berpuasa, jika melakukannya secara rutin pada pagi hari, Anda pasti akan segera terbiasa dengan keadaan lapar. Tahanlah nafsu makan Anda hingga menjelang makan siang ketika perut Anda mulai berbunyi Bunyi itu merupakan pesan bagi usus bahwa ia harus segera bersiap-siap untuk mulai bekerja sebentar lagi. Namun ingat, hindari makan berlebihan pada siang harinya karena hal itu akan membuat pengorbanan kita yang telah bersusah payah untuk menyehatkan usus menjadi sia-sia. Makanlah dengan perlahan-lahan sambil menikmati makanan Anda. Pada sore hari, kurangi porsi makan hingga menyerupai porsi makan pada siang hari. Berikut ini tips cara lakukan “diet Pisang”

Diet pisang awalnya populer di Jepang saat seorang pria bernama Hitoshi Watanabe berhasil menurunkan berat badannya sebanyak 18 kilogram selama beberapa bulan hanya dengan mengkonsumsi buah pisang dan air putih di pagi hari.

Diet ini pun semakin populer dan banyak digemari lantaran metodenya mudah dan tidak perlu mengubah pola makan secara keseluruhan.

Mengapa efek diet pisang dapat sedahsyat itu? Pisang merupakan buah kaya serat yang memiliki kandungan gizi tinggi dan merupakan sumber energi (karbohidrat) serta mineral. Mengkonsumsi pisang dapat membantu menurunkan berat badan dan proses detoksifikasi tubuh.

Pisang dapat menstimulus proses pencernaan dan pembuangan sisa makanan yang tidak dibutuhkan tubuh.

Secara sederhana, bila proses pencernaan lancar, tubuh tidak akan kelebihan asupan nutrisi sehingga masalah kegemukan dapat dihindari. Selain itu, pisang mengandung pektin yang dapat mengurangi kembung dan membuat Anda merasa lebih kenyang untuk waktu yang lama.

Untuk memulai diet pisang pun ternyata mudah.

1. Diet pisang dapat dimulai saat pagi hari atau dikenal dengan istilah morning banana diet. Caranya, Anda hanya diperbolehkan memakan dua buah pisang dan air putih untuk sarapan.

2. Pilih buah pisang yang segar untuk diet Anda. Ada beberapa jenis pisang yang bisa Anda pilih, misalnya pisang Cavendish, pisang mas, pisang barangan, pisang raja bulu, pisang kepok, dan pisang tanduk. Untuk diet, pisang Cavendish dan pisang mas jadi jenis terbaik untuk dikonsumsi.

3. Saat makan siang dan makan malam, Anda bisa makan seperti biasanya. Tapi, hindari jenis makanan atau minuman, seperti es krim, produk olahan susu, dan alkohol. Untuk hasil yang optimal, jangan lupa konsumsi makanan berserat dan bernutrisi, serta perbanyak minum air putih.

Dan rasakan sensasi pembersihan tubuh setelahnya.

Pembersihan usus akan berjalan secara sempurna dengan melakukan puasa pagi hari dan memakan buah buahan serta meminum air sehat. Buang air besar akan menjadi lancar setelah 1-2 minggu, tetapi pencapaian hasil ini terkadang berbeda beda. Setelah kita berhasil mengeluarkan kotoran-kotoran yang menumpuk didalam perut; alergi, nyeri haid, sakit kepala, nyeri pundak, serta pembengkakan pada kaki dan tangan akan berkurang hingga pada akhirnya menghilang. Selanjutnya, tubuh akan terasa ringan. Beberapa orang bahkan mengaku merasa seperti terlahir kembali.

sumber :Buku Revolusi Makan , karya  Dr Hiromi  Shinya

 

Check Also

Terapi Penyakit Kandung Kemih Dengan Madu

Sebuah penelitian dipublikasikan oleh koran Al-Ahram, tanggal 22 Oktober 1985: Salah satu penelitian untuk menguji ...

...