Home / Artikel Kesehatan / Cara Menggunakan Jahe Herbal Andalan Untuk Atasi Flu Membandel

Cara Menggunakan Jahe Herbal Andalan Untuk Atasi Flu Membandel

]ahe telah lama dikenal ampuh untuk atasi flu. Bahkan, kini diketahui manfaat jahe untuk flu dikarenakan aktivitasnya sebagai immunomodulator (meningkatkan sistem imun). Selain itu, dilaporkan beberapa senyawa kimia yang terkandung padajahe dapat “meningkatkan suhu tubuh, demikian menurut buku Fitoterapi Dasar.

Rimpang jahe kaya akan minyak atsiri sehingga membuatnya beraroma harum semerbak. Minyak atsiri yang terkandung pada jahe berkisar antara O,2-3,3 persen, kandungan utama adalah sitral a dan sitral b, serta seskuiterpen, yang utamanya beta seskuzfelandren, beta bisabolen, ar-kurkumen, dan alfa singiberen. Adapun rasa pedas, terutama berasal dari gingerol, shogaol, dan turunan keton fenolat.

Begitu banyak manfaat jahe di antaranya bisa dibuat dalam beberapa resep untuk atasi flu:

Resep I

Ambil satu bagian rimpang jahe yang telah dipanggang dan d’kllpas, satu bagian kayu manis, dua bagian sereh atau jika tidak ada bisa digantikan akar manis, tumbuk hingga berbentuk pasta. Satu sendok makan pasta ini kemudian diseduh dengan satu cangkir air panas selama sepuluh menit lalu disaring. Tambahkan madu sebagai pemanis secukupnya lalu minum tiga kali dalam sehari.

Resep II

Cara lain memanfaatkan jahe adalah dengan membuatnya menjadi teh. Ambil dua bagian jahe“ yang telah dipanggang lalu dikupas kulitnya, tiga bagian kayu manis, satu jumput kapulaga, tumbuk hingga menjadi pasta. Seduh satu sendok ramuan dengan satu cangkir air panas selama sepuluh menit, tutup sampai diangkat. Tambahkan madu lalu setelah hangat minum ramuan ini.

Resep III

Masukkan satu sendok makan bubuk jahe, bubuk adas, dan kayu manis, serta sejumput bubuk cengkeh ke dalam satu cangkir air panas. Biarkan ramuan terseduh sekitar sepuluh menit sambil ditutup kemudian saring sebelum diminum. Minumlah teh rempah tersebut sebanyak yang dibutuhkan.

Inhalasi Jahe

Terkadang flu disertai hidung tersumbat atau pilek. Masukkan tiga sampai empat tetes minyak cengkeh, jahe, atau minyak kayu putih ke dalam air lalu rebuslah. Matikan kompor setelah mendidih kemudian letakkan kepala Anda menghadap wadah dan tutup belakang kepala dengan handuk agar uap dapat terhirup optimal. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan satu sendok bubuk jahe kering, kemudian uapnya dihirup sebagai terapi inhalasi.

Cara lain untuk meredakan hidung berlendir (ingus) adalah dengan mengosokkan pasta yang terbuat dari jahe secukupnya dan air panas ke kulit di area dekat sinus- ”samping kiri dan kanan hidung, pasta ini juga mengurangi sakit kepala dengan menggosoknya dibagian kening.

 

 

semoga bermanfaat!

 

Check Also

Terapi Penyakit Kandung Kemih Dengan Madu

Sebuah penelitian dipublikasikan oleh koran Al-Ahram, tanggal 22 Oktober 1985: Salah satu penelitian untuk menguji ...

...