Home / Religi / Cara Menghindari Sifat Dengki ( Hasud) Menurut Ulama

Cara Menghindari Sifat Dengki ( Hasud) Menurut Ulama

Cara untuk Menghindari dari Sifat Hasud

Merasa gembira menerima qadha dan qadar Allah , Al-Hasan al-Bashri rahimahullah berkata, ”Wahai anak Adam, mengapa engkau bersifat dengki kepada saudaramu? Jika yang Allah berikan kepadanya adalah karena kemuliaannya, maka mengapa engkau dengki kepada orang yang Allah muliakan?

Dan apabila tidak begitu, maka tidak sepatutnya engkau dengki kepada orang yang tempat kembalinya adalah ke dalam neraka.

Hendaklah dimaklumi bahwa pemberian dan nikmat serta kesulitan dan kesempitan merupakan ujian.
Tidak semua pemberian itu merupakan tanda pemuliaan.

Kesempitan juga tidak selalu berarti pemurkaan.

Allah swt. berfirman,

”Adapun manusia apabila Tuhannya mengujinya lalu dimuliakanNya dan diberi-Nya kesenangan, maka dia berkata, ‘Tuhanku telah memuliakanku.’Adapun bila Tuhannya mengujinya lalu membatasi rezekinya maka dia berkata, “.llzhanku menghinakanku.” _(al-Fajr: 15-16)

Ia hendaknya mengetahui panas tipu dayanya, api dengkinya, dan apa yang diucapkannya. Tidak semua perbuatan yang berdasarkan kedengkian akan mengakibatkan kerugian dan penyesalan di dunia sebelum penyesalan pula di akhirat, Sebagaimana firmanNYA……….

“Rencana yang jahat itu tidak akan menimpa selain orang yang merencanakannya sendiri..” ( Faathir 34).

la hendaknya Juga mengukur betapa banyak nikmat yang diperolehnya jika seseorang berhati baik dan berlapang dada kepada saudara… Hal 1tu lebih baik daripada ia sedih dan menderita akibat dengki Hendaklah 1a mengetahui bahwa Allahlah yang memiliki semua perbendaharaan nikmat ini, sebagaimana firman Allah swt.,

”Dan tidak ada sesuatu pun melainkan pada sisi Kamilah khazanah. nya; dan Kami tidak menurunkannya melainkan dengan ukuran tertentu.”

(al-Hijr: 21)

Hendaknya ia menengadahkan kedua tangannya kepada Allah ta’ala karena Dialah yang memberikan semuanya. Hendaknya ia memohon fadhilah dan keberkahan-Nya karena Dialah Yang Mahasuci, tempai meminta yang paling baik dan penerima permintaan yang paling baik

Sebagaimana firman Allah swt.,

“Dan apabila hamba hamba Ku bertanya kepadamu tentang AW maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan Permohonan orang yang mendoa apabila ia berdoa kepadaKU…(al Baqarah: 186)

Setelah itu, hendaknya ia bersikap baik kepada orang yang dengki padanya dengan cara mendoakan kebaikan kepadanya, agar dilimphkannYa keutamaan dan keberkahanNYA

Sumber : Buku Bagaimana menolak sihir dan kesurupan , Syekh Ali Murtadha As Sayid , halaman 51

Check Also

Sunnah Menutup Tempat Minum Ternyata Mencegah Wabah Penyakit Menular

Islam agama yang mencakup segala aspek kehidupan termasuk urusan makan dan minum. Tidak dipungkiri bahwa ...

...