Home / Artikel Kesehatan / Hindari Diabetes dengan 7 Langkah Mudah Ini!

Hindari Diabetes dengan 7 Langkah Mudah Ini!

Sekitar 3,2 juta jiwa di  negara Inggris telah mendapat diagnosis menderita diabetes, dan diperkirakan 5 juta jiwa akan memilikinya pada tahun 2025. Angka-angka ini sebagian disebabkan oleh diabetes tipe 1 – suatu kelainan di mana tubuh tidak dapat memproduksi insulin. Namun, 90 persen lainnya menderita diabetes tipe 2, yang dapat dicegah dengan pola hidup sehat.

Pada diabetes tipe 2, tubuh memproduksi insulin namun tidak dapat menggunakannya dengan maksimal, sehingga kadar glukosa darah meningkat. Untuk mendorong tubuh Anda memproduksi insulin secara lebih efektif, ubah gaya hidup Anda dengan 7 tindakan pencegahan berikut!

  1. Kurangi Konsumsi Gula
    Bukan berarti hanya mengurangi makan kudapan manis seperti kue, tetapi juga asupan karbohidrat yang pada akhirnya beralih menjadi gula setelah masuk ke dalam tubuh. Misalnya saja karbohidrat dari nasi.  Selain itu, batasi minuman bergula dan cobalah minum lebih banyak air putih. Kurangi juga minum kopi atau teh dengan gula berlebihan.
  2. Kurangi Asupan Karbohidrat
    Mengonsumsi salad atau sup untuk makan siang dan sedikit karbohidrat (sekitar 30 gram per makanan) saat makan malam bisa membantu mengurangi resiko diabetes. Dengan demikian, kadar gula dalam tubuh dapat terkendali.
  3. Perbanyak Buah dan Sayur
    Baik buah maupun sayur bisa menjadi sumber gula alami. Namun, tenang saja, beberapa di antaranya tidak memberikan perngaruh pada kadar glukosa tubuh Anda. Anda bisa rutin mengonsumsi apel dan wortel secukupnya. Buah melon dan pisang juga sangat membantu.
  4. Mengonsumsi Kacang-kacangan
    Kacang-kacangan bisa menjadi pengganti camilan yang manis-manis dan tidak baik bagi kesehatan Anda. Kacang-kacangan hampir tidak mengandung karbohidrat, namun tinggi akan lemak sehat. Cobalah mengonsumsi segenggam kacang almond. Mengonsumsi kacang  terlalu banyak juga tak baik bagi kesehatan karena mengandung kalori tinggi.
  5. Perbanyak Bergerak
    Anda memerlukan setidaknya 150 menit latihan seminggu untuk menjaga kadar glukosa dalam darah. Lakukan olahraga kurang dari 25 menit per hari. Bukan pecinta gym? Cobalah berjalan kaki untuk waktu yang lebih lama dengan intensitas rendah.
  6. Jangan Hanya Duduk Saja!
    Rata-rata seseorang menghabiskan 48 minggu dalam setahun duduk di depan meja. Penelitian mengungkapkan bahwa semakin lama Anda menghabiskan waktu untuk duduk, semakin besar pula resistensi insulin Anda. Berjalanlah dalam rentang waktu beberapa jam dapat mempercepat metabolisme Anda sehingga resiko diabetes menurun.
  7. Bersepeda
    Jika Anda sering bepergian menggunakan kendaraan bermotor, barangkali Anda bisa mencoba bersepeda sesekali. Bersepeda dapat memperlancar metabolisme tubuh Anda, sehingga kadar gula dalam tubuh terkontrol dengan baik.

Itu tadi adalah 7 langkah mudah untuk mengurangi resiko diabetes.

Semoga bermanfaat.

Check Also

Terapi Air Mawar Untuk Keindahan Mata dan Murnikan Kulit Anda

Air Mawar Dan manfaatnya untuk keindahan mata dan Kesegaran kulit anda. Apakah anda tahu bahwa ...

...