Home / Artikel Kesehatan / 10 Manfaat Kesehatan Gotu Kola, Si Pegagan Yang Luar Biasa Khasiatnya!

10 Manfaat Kesehatan Gotu Kola, Si Pegagan Yang Luar Biasa Khasiatnya!

Membaca kata-kata ‘Gotu kola’ mungkin membuat Anda mengernyitkan dahi, karena nama ini asing bagi kita. Tapi Gotu kola demikian melegenda di Asia, di mana kadang-kadang disebut sebagai “sumber kehidupan,” berkat kisah seorang tabib yang dikabarkan hidup lebih dari 200 tahun dengan mengonsumsinya setiap hari.

Tanaman ini berasal dari dataran basah di Asia, mengandung konsentrasi senyawa unik triterpenoid yang tinggi, juga disebut sebagai saponin, yang bertanggung jawab atas banyak kekuatan penyembuhannya. Batang dan daunnya bisa digunakan sendiri, atau bisa diambil sebagai ekstrak. Ekstrak Gotu kola adalah ramuan yang banyak ditemukan pada salep, gel, krim dan kapsul untuk mengobati berbagai penyakit.

Kami tidak akan menyakinkan Anda untuk menggunakan Gotu kola untuk mendapatkan usia hingga ratusan tahun, tapi khasiat dari tanaman sejenis pegagan ini memang patut dipertimbangkan!

1. Mengobati luka dengan cepat

Gotu kola telah lama digunakan di seluruh Asia untuk mengobati luka, berkat triterpenoid dan senyawa lainnya. Penelitian ilmiah telah menemukan bahwa senyawa inilah yang membantu memperkuat tingkat antioksidan dalam tubuh dan meningkatkan sirkulasi darah ke daerah yang terluka untuk penyembuhan lebih cepat.

Studi telah menemukan bahwa krim yang mengandung bahan aktif gotu kola benar-benar dapat membantu meminimalkan jaringan parut setelah luka bakar, serta mengurangi risiko infeksi.

2. Menghilangkan Stretch Marks dan Selulit, juga menunjang kesehatan Kulit

Karena gotu kola juga membantu menguatkan kulit, ini digunakan untuk mengurangi stretch mark dan munculnya selulit. Studi telah mengkonfirmasi bahwa krim yang mengandung tanaman, atau ekstrak tanaman ini, sangat mungkin dapat mengurangi munculnya stretch mark, yang biasanya disebabkan oleh kehamilan atau penambahan berat badan berlebihan yang mengakibatkan peregangan kulit. Penelitian juga menunjukkan bahwa hal itu dapat mengurangi selulit, yang terjadi ketika sel-sel lemak mendorong dan merusak lapisan kolagen.

gotu kola bisa bermanfaat untuk mendapatkan kulit yang lebih awet muda, berkat kekuatan kolagen yang lebih baik. Dosis 120 miligram per hari telah digunakan secara khusus untuk tujuan ini, dan ramuannya juga dapat dimasukkan ke dalam krim kulit dan dioleskan secara topikal.

3. Mengurangi Stress dan Anxiety

Gotu kola diklasifikasikan sebagai rasayana, atau peremajaan, dalam pengobatan Ayurvedic karena kemampuannya untuk mengembalikan keseimbangan dan berfungsi lebih baik pada kesehatan memori dan tubuh. Khasiat Gotu kola sangat ideal untuk memperkuat sistem saraf dan bahkan telah terbukti membantu memperbaiki akson yang berfungsi untuk mentransmisikan impuls saraf ke seluruh tubuh. Hal ini menjadikannya sangat baik sebagai obat anti stress dan anti kecemasan alami. Faktanya, penelitian telah menunjukkan bahwa pihaknya berhasil menurunkan frekuensi dan tingkat keparahan serangan kecemasan pada relawan yang menderita gangguan kecemasan umum.

4. Meningkatkan Fungsi Mental

Penelitian secara langsung terkait mengkonsumsi konsumsi gotu kola untuk memperkuat kemampuan kognitif. Hal ini mungkin karena efek positifnya pada sistem peredaran darah, dikombinasikan dengan sifat antioksidannya, karena tanaman tersebut membantu merangsang jalur saraf dengan menghilangkan plak dan radikal bebas di otak. Dalam sebuah penelitian, anak-anak dengan keterbelakangan mental yang mengkonsumsi setengah gram gotu kola dalam bentuk serbuk setiap hari selama satu tahun, menunjukkan peningkatan intelektual yang signifikan. Setelah enam bulan, ada peningkatan dramatis dalam kemampuan mereka untuk berkonsentrasi serta fungsi kognitif.

Studi juga menemukan bahwa gotu kola mungkin memiliki potensi untuk mengobati gangguan otak degeneratif seperti penyakit Alzheimer dan demensia. Penelitian dari Kasturba Medical College India menunjukkan peningkatan besar dalam memori tikus yang diberi ekstrak gotu kola setiap hari selama dua minggu. Para ahli percaya bahwa tanaman tersebut mengandung asam tertentu yang membantu melindungi dari kerusakan saraf yang disebabkan oleh radikal bebas, yang dapat menjadikannya pengobatan Alzheimer yang potensial, walaupun mereka mengatakan bahwa diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikannya.

5. Detoksifikasi

Gotu kola memiliki khasiat diuretik ringan, yang bisa membantu memicu pelepasan racun berlebih dari tubuh melalui air seni. Tentu saja ini dapat membantu mengurangi beban sejumlah organ, termasuk ginjal dan hati. Bila hati dipaksa bekerja lebih keras daripada seharusnya dengan menjadi terlalu beracun, seluruh pikiran dan tubuh menderita. Hal ini dapat mengakibatkan kenaikan berat badan, berkurangnya dorongan seksual, mood yang buruk, kelelahan, masalah kulit, kabut otak, masalah pencernaan dan banyak lagi. Mengonsumsi gotu kola dapat membantu menyingkirkan toksin dari tubuh untuk mendukung fungsi tubuh secara keseluruhan yang lebih baik, serta mendapatkan energi yang lebih besar, suasana hati yang positif, kejernihan mental yang lebih baik, peningkatan libido dan peningkatan kesejahteraan.

6. Berpeluang Panjang Umur

Seperti yang disebutkan di awal, gotu kola telah lama dianggap sebagai ramuan panjang umur. Master Taois dan ahli waris Li Ching-Yuen, seorang pendukung dan pengguna tanaman obat yang terkenal selama ini bahkan dilaporkan dalam teks medis Tionghoa kuno yang telah meninggal dunia pada usia 256 tahun, dan umur panjangnya sebagian besar disebabkan oleh kebiasaannya mengonsumsi gotu kola setiap harinya. Sementara keakuratan laporannya diperdebatkan, penelitian ilmiah telah menunjukkan bahwa ia mengandung sifat terapeutik yang berpotensi untuk memperpanjang usia karena mempengaruhi pikiran, tubuh dan jiwa. Manfaat kesehatan tanaman ini sangat luas mulai dari otak dan darah sampai pencernaan dan segala sesuatu di antaranya.

7. Mengelola Gejala akibat Diabetes

Salah satu dari banyak komplikasi diabetes termasuk rusaknya pembuluh kapiler. Itu bisa mengakibatkan pelambatan pengiriman nutrisi penting dan oksigen ke jaringan tubuh, suatu kondisi yang disebut sirkulasi mikro disfungsional yang dapat menyebabkan masalah serius seperti kerusakan pada saraf, ginjal, dan mata, sesuatu yang biasa dialami diabetes. penderita. Gotu kola diyakini membantu mengatasi masalah ini dengan mengurangi atau menghilangkan gejala-gejala ini. Penelitian yang diterbitkan pada tahun 2001 dari Rumah Sakit St Mary dan Imperial College di London, memberi suplemen gotu kola kepada pasien diabetes yang menderita diabetes microangiopathy. Perbaikan signifikan yang dialami pada gejala dibandingkan dengan kelompok yang diberi plasebo.

Sukarelawan yang mengambil gotu kola telah mengalami pengurangan pada pembengkakan di pergelangan kaki dan meningkatkan aliran darah, yang membuat para ahli menyimpulkan tanaman ini dapat membantu menunda atau bahkan mencegah komplikasi serius ini.

8. Mengobati Sakit Persendian

Khasiat yang tak kalah pentin dari gotu kola adalah anti-inflamasi yang hebat, ini juga dapat membantu memberikan kelegaan bagi mereka yang menderita nyeri sendi yang berkaitan dengan masalah seperti arthritis. Ini diyakini dapat memperbaiki fungsi sendi dan mengurangi gejala arthritis umum, menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Phytomedicine edisi Juni 2009. Setelah mereka yang mengonsumsi zat aktif dari gotu kola selama 21 hari, peserta mengalami penurunan kerusakan sendi dan tingkat enzim prokritis siklooksigenase-2, atau COX-2 yang lebih rendah, serta mengurangi tingkat peradangan, sehingga para peneliti dapat menyimpulkan bahwa tanaman dapat melayani sebagai pengobatan alami yang efektif untuk beberapa bentuk arthritis.

Dalam penelitian kecil lainnya yang melibatkan 13 wanita dengan skleroderma, didapatkan kuncinya pada penurunan nyeri sendi dan mengurangi pengerasan kulit, sementara secara signifikan memperbaiki gerakan jari.

9. Mendukung Kesehatan Jantung

Gotu kola juga telah ditemukan dalam penelitian untuk memberikan manfaat penting bagi jantung, sesuatu yang ditunjukkan pada penelitian tahun 2007 yang diterbitkan dalam jurnal Acta Pharmaceutica Sinica. Senyawa madecassoside terbukti menghambat oksidasi lipid, mencegah penipisan enzim antioksidan superoksida dismutase, dan mencegah kematian dini sel jantung. Para ahli mengatakan bahwa tanaman tersebut bahkan dapat membantu mencegah stroke dengan mencegah pembentukan gumpalan darah juga. Ini juga diketahui membantu memperbaiki dan mencegah varises dan pembengkakan kaki dan pergelangan kaki yang terkait dengan menghambat kebocoran cairan dari vena.

Lebih lanjut mendukung kesehatan jantung, gotu kola juga telah terbukti mengurangi secara signifikan kadar kolesterol “buruk,” LDL, sekaligus meningkatkan kolesterol HDL “baik” dalam penelitian, termasuk penelitian yang diterbitkan di Perpustakaan Nasional AS mengenai Obat-obatan dan National Institutes of Health di Maret 2009. Tikus yang diberi makan makanan yang dilengkapi dengan bubuk gotu kola secara dramatis menurunkan kadar kolesterol LDL dan kadar kolesterol HDL yang lebih tinggi, dibandingkan dengan kelompok kontrol yang tidak diberi makan gotu kola. Tikus yang mengambil bubuk gotu kola juga mengalami penurunan berat badan yang signifikan.

10. Melindungi pembuluh darah

Berkat kandungan asiaticoside dan madecassoside tanaman, ini dapat membantu mencegah, menunda, atau mengobati suatu kondisi yang dikenal sebagai insufisiensi vena kronis. Hal ini terjadi ketika katup di pembuluh darah yang membawa darah kembali ke jantung lemah atau rusak dan darah terkumpul di pembuluh darah kaki. Kumpulan darah itu bisa menyebabkan varises atau spider veins, atau bahkan kondisi lebih serius seperti bekuan darah.

sumber: www.naturallivingideas.com

Check Also

Awas Kandungan BERBAHAYA Pemicu Kanker dalam Pasta Gigi Anda , Cek Lagi

Awas Pasta gigi Anda Penuh dengan Zat Karsinogen pemicu kanker! Karsinogen adalah zat yang menyebabkan ...

...