Home / Artikel Kesehatan / Obati Gangguan Asam Lambung (Gerd) Dengan 8 Herbal Alami ini

Obati Gangguan Asam Lambung (Gerd) Dengan 8 Herbal Alami ini

Sakit Gangguan asam lambung Gerd saat ini telah sangat umum terjadi – dan sangat tidak menyenangkan. Gangguan ini dipicu saat asam lambung naik kembali ke kerongkongan. Ini bisa membuat Anda merasa seolah-olah seseorang telah menyalakan api unggun kecil di dada Anda, dan itu membakar jalan leher Anda. Sekilas apa itu  GERD, Gastro-oesophageal reflux disease (GERD) atau yang sering dikenal dengan penyakit asam lambung adalah kondisi di mana asam lambung mengalir ke sepanjang esofagus atau kerangkongan (saluran yang menghubungkan mulut ke lambung), yang dapat menyebabkan rasa terbakar di dada atau gejala lainnya.

Anda mungkin tahu bahwa obat-obatan dapat membantu meredam sensasi luka bakar dilambung/dada akibat GERD ini, namun pengobatannya tetap lebih aman dengan pengobatan herbal alami dan perubahan gaya hidup yang mungkin merupakan cara lain untuk terbebas dari sakit Gerd ini, Sebelum Anda memutuskan untuk mengkonsumsi obat herbal atau suplemen, sebaiknya tanyakan kepada dokter Anda. Beberapa suplemen dapat memiliki efek samping atau dapat berinteraksi dengan obat yang sudah Anda minum.

Berikut ini 10 herbal alami untuk pengobatan GERD anda

1.Pepaya

Ya, ini buah, tapi bagus untuk memperbaiki pencernaan. Buah ini adalah sumber nutrisi yang hebat, menyediakan vitamin A, K, C, dan E tubuh, bersama dengan mineral seperti besi, tembaga, selenium, seng, magnesium, kalsium, fosfor, dan antioksidan penting lainnya seperti lutein, zeaxanthin, lycopene, bioflavonoid, dan kolin.

Untuk menambah nutrisi itu, pepaya merupakan pengobatan yang sangat baik untuk acid reflux. Ini mengandung enzim proteolitik yang memecah protein dalam sistem pencernaan menjadi asam amino. Bahan aktif, papaine, sangat membantu tubuh saat sampai pada pencernaan lemak dan karbohidrat. Bila makanan ini dipecah dengan benar, obat ini membantu pencernaan dan memungkinkan tubuh Anda membuat asam. Kalium dalam pepaya juga mengenalkan bakteri sehat ke dalam usus Anda. Hal ini dapat mencegah perut Anda bekerja keras dan membantu menghentikan gangguan pencernaan dan refluks. Berhati-hatilah untuk dan menghindari pepaya dari Hawaii, karena 90 persen pepaya yang dijual adalah produk transgenik.

2. Mustard

Ia dapat bekerja sebagai obat alami dengan cara memakan lebih banyak sayuran sawi dalam makanan Anda atau dengan hanya menelan satu sendok teh mustard yang dipersiapkan dengan baik setiap kali makan. Mustard sebenarnya adalah makanan alkalizing yang sarat dengan mineral. Saat membuat mustard  (jenis kuning yang kebanyakan orang pakai pada hot dog dan hamburger) itu diproses dengan bentuk cuka yang lemah. Karena senyawa basa, ia menetralisir asam yang Anda rasakan merayap ke kerongkongan Anda. Meski kelihatannya agak menjijikkan atau asam, Anda mungkin akan benar-benar belajar menyukainya.

3. Biji Fenugreek

Sebuah penelitian yang dilakukan di India pada tahun 2002 menemukan bahwa fraksi gel dan ekstrak air biji fenugreek memberikan efek perlindungan pada tukak lambung dan bekerja lebih baik daripada obat Omeprazol. Biji fenugreek bekerja seperti spons, menyerap asam lambung. Salah satu hal hebat tentang biji ini adalah ia mudah digunakan. Tidak perlu menyeduh teh atau merendamnya dalam semalam, hanya menaburkannya ke makanan Anda dan mereka dapat langsung bekerja.

4. Adas

Umumnya dikonsumsi sebagai teh. Konsumsi adas adalah salah satu cara terbaik untuk melawan acid reflux. Ramuan ini bekerja dengan memperbaiki keseluruhan proses pencernaan Anda dan bekerja untuk mencegah refluks sebelum itu dimulai. Senyawa aktif adas adalah anethole, zat yang menenangkan dan meredakan saluran pencernaan yang terganggu, juga mencegah kolik di usus. Anda bisa minum teh adas sebelum atau sesudah makan, atau cukup mengunyahnya saja setelah makan.

5.Kunyit

Kunyit mendapat banyak perhatian akhir-akhir ini karena ia menawarkan begitu banyak unsur penyembuhan bagi tubuh. Kunyit juga bekerja dengan baik untuk pengobatan acid reflux. Bahan aktif dalam kunyit yaitu kurkumin menghentikan peradangan, yang berarti Anda akan segera terbebas dari gas dan kembung di perut. Kunyit juga terkenal dengan antioksidannya, melawan penyakit, dan mengandung senyawa penghilang toksik.

6. Chamomile Jerman

Ini adalah bahan utama dalam produk herbal populer yang disebut Iberogast. Ramuan ini telah dipelajari dan telah terbukti mengurangi acid reflux, kram, mual, dan sakit perut secara umum. Chamomile terkenal sebagai ramuan santai, dan chamomile Jerman paling baik untuk acid reflux yang berasal dari stres. Chamomile adalah salah satu obat terlarang yang diketahui manusia, sangat aman sehingga tidak ada efek samping yang dilaporkan, walaupun telah digunakan selama ratusan tahun.

7. Lidah Buaya

Meski banyak orang menganggap lidah buaya hanya untuk luka bakar, tapi sebenarnya ia bisa melakukan lebih dari itu. Lidah buaya bisa menghentikan rasa mulas dan mengurangi sakit sensasi terbakar akibat peradangan. Anda bisa memakai daun lidah buaya segar dan mengambil gel beningnya itu ke dalam segelas air dan meminumnya setelah makan, atau membeli jus lidah buaya yang sudah jadi dan ada di hampir semua toko makanan kesehatan. Jika Anda bisa menemukannya, cari jus lidah buaya yang dicampur dengan kultur probiotik sehingga Anda bisa mendapatkan efek positif ganda untuk menangani refluks asam pada lambung.

8. Jahe

Jahe adalah ramuan lain yang bisa membantu menghentikan mual dan muntah yang dialami beberapa orang dengan acid reflux. Jahe telah dalam penelitian telah menunjukkan memiliki senyawa obat kuat yang menyerap asam lambung sambil menenangkan sistem pencernaan. Anda bisa minum secangkir teh  jahe segar setelah makan, atau minum kapsul jahe setiap kali makan untuk menenangkan saluran gastrointestinal yang terganggu.

 

Sumber:

Omtimes.com

Check Also

10 Manfaat Kesehatan Gotu Kola, Si Pegagan Yang Luar Biasa Khasiatnya!

Membaca kata-kata ‘Gotu kola’ mungkin membuat Anda mengernyitkan dahi, karena nama ini asing bagi kita. ...

...