Home / Artikel Kesehatan / Tanaman Herbal Pendongkrak Sistem Imunitas Anak

Tanaman Herbal Pendongkrak Sistem Imunitas Anak

Kehidupan di era modernisasi secara langsung maupun tidak langsung telah membawa perubahan pola hidup manusia. Perubahan itu terjadi pada pola makan, pola pikir, dan pola nilai (perubahan perilaku dan alasan seseorang  dalam menilai modernisasi ). Hal yang dapat menjadi contoh dan sering ditemui adalah pandangan dan penilian seseorang terhadap makanan siap saji atau fastfood sebagai perilaku modern yang wajib diikuti meskipun harus mengeluarkan ‘duit’ lebih besar.
Hal-hal tersebut  berpengaruh pula terhadap perubahan pola penyakit yang diderita masyarakat modern. Kehidupan modern membuat seseorang dituntut untuk bergerak cepat guna memenuhi berbagai tuntutan hidupnya. Tuntutan untuk serba cepat dan terburu-buru inilah yang menyebabkan kekelahan dan stress yang pada akhirnya menurunkan sistem kekebalan tubuh.

Di sisi lain ternyata pola kehidupan modern juga berdampak pada tingginya pencemaran terhadap lingkungan dan makanan oleh bahan-bahan kimia.  Berbagai kondisi yang merugikan tubuh pun tak dapat dihindari seperti perubahan pada iklim, pemanasan global dan tingginya paparan radiasi ultra violet yang tidak bisa dihindari, Praktis semua keadaan tersebut ini menekan kerja Sistem kekebalan tubuh yang akhirnya mikroba patogen penyebab berbagai penyakit, seperti bakteri dan virus, mudah masuk dan menyerang tubuh.
Obat Alam termasuk Obat Herbal yaitu obat-obatan yang berbahan baku tanaman obat mampu mempengaruhi atau mengatur mekanisme sistem kekebalan tubuh dengan baik.

Penting untuk Anda ketahui, berikut ini adalah beberapa herbal pendongkrak sistem imunitas tubuh yang ampuh pada anak diantaranya:

Sambiloto

Tanaman Sambilotomemiliki ciri-ciri fisik berdiri tegak dengan ketinggian hingga 90 cm. Sambiloto memiliki kandungan utama zat andrographolide, zat ini paling banyak terdapat di bagian daun,  andrographolide inilah yang menyebabkan Sambiloto berasa yang pahit.

Beberapa zat kimiawi lainnya juga terkandung di dalamnya seperti andrographan, diterpen lactone, homoandrographolide, andrographosterin, andrographon, dll.

Biasanya Sambiloto digunakan dalam bentuk kering atau ekstrak daun batang dan bunga. Penelitian membuktikan ekstrak sambiloto mampu meningkatkan pertahanan tubuh terhadap infeksi yang menurunkan kualitas organ tubuh, bahkan pada tanggal 13 des 1986  sambiloto telah dipatenkan untuk  obat anti HIV oleh perusahaan farmasi Jerman.

Meniran

Beberapa orang mengenal sayuran ini sebagai menu santapan sayur sehari-hari. Sayur Meniran mempunyai nama ilmiah Phyllanthus Urinaria, tumbuhan semak ini ternyata  masih tergolong ke dalam keluarga phyllantaceae. Secara fisik jika diperhatikan batangnya berbentuk bulat basah dan tinggi hanya mencapai 50 cm dan ini menjadi salah satu karakteristik dari tanaman ini.

yang khas dari bentuk daun meniran sendiri adalah ia hampir menyerupai daun putri malu. Daun Meniran meskipun ukurannya kecil namun memiliki beberapa khasiat herbal untuk kesehatan dan juga pengobatan penyakit. Kandungan di dalam daun Meniran tersebut yaitu neolignan, dammar, hidroksinirantin, asam ascorbic, asam ricinoleic, quercetin, niranthin, zat samak, phyllantin, dan juga kalium. Beberapa senyawa yang terkandung dalam daun meniran tersebut memiliki manfaat yang sangat baik untuk meningkatkan kualitas kesehatan Anda, serta menjaga tubuh dari serangan penyakit yang berasal dari dalam.

Diketahui bahwa di dalam daun meniran terdapat zat yang dapat membantu memacu aktivitas imunomodulator. Maka jangan heran jika daun meniran ini mampu meningkatkan sistem imun anda sehingga menjadi lebih kuat. Lebih jauh lagi, daun meniran ini ternyata juga dapat menjadi solusi masalah imun lainnya seperti dapat mengontrol kinerja sistem imun hingga menggantikan kinerja sistem imun seperti mencegah resiko infeksi karena bakteri, virus dan mikroba jahat. Maka jika anda ingin sehat, makanlah daun meniran secara teratur.

Temulawak

Curcuma xanthonirriza adalah tanaman yang kita kenal dengan nama temulawak. Nama ini tidak asing lagi apalagi bagi mereka penggemar jamu-jamuan. Dari zaman dulu kala, temulawak ini salah satu tumbuhan herbal yang dapat mengatasi berbagai masalah penyakit dan gangguannya.

Khasiat Temulawak untuk Menambah Nafsu Makan

Di dalam tumbuhan temulawak ini banyak memiliki kandungan zat yang sangat berguna untuk tubuh. Diantaranya seperti, Abu, kurkumin, minyak asirin, pati, phelandren, protin, serat, dan tumerol dan mineral lainnya. Itulah mengapa temulawak ini  digolongkan dalam jenis tumbuhan herbal yang berguna untuk mengatasi berbagai penyakit.

Dalam sebuah penelitian, zat yang terkandung dalam temulawak sangat ampuh untuk menangkal berbagai macam penyakit. Temulawak juga berkhasiat meningkatkan sistem imun tubuh, dan menjaga kestabilan tubuh tentunya. Temulawak ini juga diketahui dapat menjaga kesehatan tubuh anda agar tubuh Anda tidak mudah terserang berbagai penyakit.Zat yang terkandung dalam temulawak dapat menstimulasi nafsu makan, zat yang dimaksud adalah  kurkumin.  Kurkumin juga memiliki khasiat :

#Menjaga daya tahan tubuh supaya tidak mudah terjangkau berbagai penyakit
#Mempercepat pemulihan setelah masa sakit
#Sangat baik untuk perkembangan dan pertumbuhan otak anak-anak
#Memulihkan stamina tubuh
#Melancarkan sisitem pencernaa tubuh
#Membantu terhadap pembuangan racun atau toxin dalam tubuh.

itulah beberapa Tanaman Herbal Pendongkrak Sistem Imunitas Anak, semoga informasi ini dapat menambah wacana ilmu kesehatan anak kita semua

sumber :  Buku Agar Anak gak Gampang Sakit  , oleh Dr dr Lestrai handayani

Check Also

Madu Redakan Infeksi Lambung Dan Diare

Beberapa studi ilmiah tentang Madu menghasilkan kesimpulan bahwa Madu memang efektif untuk infeksi lambung dan ...

...