Home / Resep Ramuan Herbal / Daun Sendok Herbal Alami Sakit Mata Dan Disentri

Daun Sendok Herbal Alami Sakit Mata Dan Disentri

Tumbuhan bernama Daun Sendok merupakan tanaman tema tahunan dengan tinggi 15-20 cm. Daun tunggal, bertangkai panjang, memiliki bentuk bulat telur sampai lanset melebar, tepi rata atau bergerigi kasar tidak teratur, permukaaan daunnya licin atau sedikit berambut, pertulangan melengkung, panjang 5-10 cm, Iebar 4-9 cm, dan memiliki warna hijau. Bunga majemuk, tersusun dalam bulir yang panjangnya sekitar 30 cm, ukurannya kecil, berwarna putih. Buah tumbuhan daun sendok berbentuk lonjong atau bulat telur, berisi 2-4 biji, keriput, dan berwarna hitam.

Plantago mayor L. adalah nama latin dari tanaman dengan sebutan daun sendok ini memiliki banyak sebutan lain, yaitu ki urat, ceuli, ceuli uncal (Sunda); meloh kiloh, otot-ototan. sangkabuah, sangkuah, sembung otot, suri pandak (Jawa); daun urat, daun urat-urat, daun sendok, ekor angin, kuping menjangan (Sumatera); dan torongoat (Minahasa).

Namanya yang unik diambil karena memang daunnya sepintas mirip sendok, selain bentuk yang unik manfaat yang dimilikinya sangat banyak. Herba daun sendok bersifat dingin dan berasa manis. Herba ini dapat digunakan untuk menghilangkan rasa haus. Biji tanaman daun sendok bersifat manis dan dingin saat masuk ke meridian ginjal, hati, usus halus, dan paru. Daun sendok diketahui dapat membantu penyembuhan atau perbaikan kondisi pada beberapa jenis penyakit, seperti penyakit batu ginjal, disentri, dan penyembuhan luka. Daun sendok merupakan spesies tumbuhan obat yang banyak dimanfaatkan, tetapi belum banyak dibudidayakan.

Biji dari tanaman daun sendok mengandung asam planterolik, piantasan (dengan komposisi xylosa, arabinosa, asam galakturonat, dan rhamnosa), protein, musilago, aucubin, asam suksinat, adenin, kolin, katalpol, syringin, asam lemak (palmitat, stearat, arakidat, oleat, linolenat, dan linoleat), serta flavanon glikosida. Sementara itu, bagian akar mengandung naphazolin.

Khasiat dan Manfaat Daun Sendok

Diketahui bahw tanaman daun sendok dapat digunakan untuk mengobati penyakit yang disebabkan adanya infeksi oleh bakteri atau adanya peradangan, seperti diare disentri, dan hipersensitivitas atau alergi.

Disentri adalah penyakit pencernaan yang disebabkan bakteri. Banyak yang keliru dalam mengobati penyakit ini, dengan buru-buru memberikan obat yang menghentikan buang air. Padahal ada pilihan alami yang dapat digunakan untuk mengobati penyakit disentri yaitu dengan ramuan daun sendok.

*Ramuan daun sendok untuk disentri

ambil sekitar 15-30 gr daun sendok segar, lalu cuci bersih .
tumbuk halus daun sedok segar, kemudian diperas hingga terkumpul airnya masukkan ke dalam gelas
tambahkan madu dan aduk merata
minum dengan air hangat.

Daun Sendok juga dapat digunakan untuk mengobati sakit bisul. ramuan ini sangat ampuh, berikut caranya.

*Ramuan Daun sendok untuk mengobati Bisul

Segenggam daun sendok dilumatkan dan diremas dengan daun sirih. Kemudian oleskan ramuan ini pada bisul.

Jika sakit mata seperti mata merah dan pedih , akibat debu dan iritasi, anda bisa menggunakan daun semdok untuk mengobatinya.
*Ramuan daun sendok untuk mengobati Radang selaput mata

Tanaman daun sendok segar direbus selama 15 menit, dinginkan. Airnya diteteskan pada radang selaput mata.

*Ramuan daun sendok untuk Nyeri otot

Daun sendok sebanyak 5 lembar dilumatkan hingga halus, kemudian gosokkan pada bagian tubuh yang sakit. Atau bisan juga dengan merebus akar tanaman daun sendok , kemudian dimasak bersama minyak kelapa dihasilkan minyak untuk mengobati salah urat.

*ramuan daun sendok untuk mengobati Kudis

Daun sendok segar sebanyak lima helai, daun sambiloto 7 helai, direbus sampai mendidih dan  air yang  2 gelas tadi jadi 1 gelas, saring, dan minum selagi hangat.

*Ramuan daun sendok untuk mengobati Batu empedu

Tanaman daun sendok  beserta akarnya ditambah daun keji beling lima kali lipat banyaknya daun sendok, direbus hingga mendidih, minum selagi hangat. Bisa ditambahkan madu untuk khasiat yan optimal.

Semoga bermanfaat!

Check Also

Minuman Limun Kunyit Mengatasi Depresi Lebih Baik Dari Prozac! Bagaimana Membuatnya?

Depresi adalah gangguan mood yang ditandai dengan tingkat mood yang rendah dan berbagai macam kemungkinan ...

...